KILAS

Dukung Kemajuan IKM, Semarang Bangun Galeri Industri Kreatif

Kompas.com - 27/05/2019, 12:07 WIB
Gereja Blenduk di Kota Lama Semarang, Jawa Tengah KOMPAS.com/NAZAR NURDINGereja Blenduk di Kota Lama Semarang, Jawa Tengah

KOMPAS.com – Untuk mendukung kemajuan industri kreatif di Kota Semarang, Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang menyediakan wadah untuk memamerkan produk industi kreatif lewat Galeri Industri Kreatif Semarang.

Kehadiran galeri ini pun mendapat apresiasi dari Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo. Menurutnya, konsumen pun dipermudah untuk mendapatkan produk-produk Industri Kecil dan Menengah (IKM).

“Satu langkah maju sudah dilakukan Semarang. Mereka membuat para pelaku industri kreatif memiliki wadah. Selamat buat Semarang,” puji Ganjar.

Galeri Industri Kreatif Semarang terletak di gedung PT. Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI), Kota Lama, Semarang. Tepatnya, di belakang Gereja Blenduk dan telah diresmikan pada Minggu (26/5/2019) lalu.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menjelaskan, galeri tersebut menempati ruangan yang selama ini kurang dimaksimalkan.

Untuk itu, dilakukan pemugaran, terutama di sisi interiornya, agar dapat menampung lebih banyak pelaku industri kecil dan menengah.

“Pemugaran sebenarnya sudah selesai sejak bulan lalu. Namun karena suatu dan lain hal, peresmian Galeri Industri Kreatif baru bisa kita resmikan sekarang,” ujar Hendi, panggilan akrab wali kota, dalam rilis yang diterima Kompas.com, Senin (27/5/2019).

Untuk menarik wisatawan

Terdapat puluhan pelaku IKM Kota Semarang yang ditampung di sini. Dari jumlah tersebut, 36 diantaranya merupakan pedagang barang antik. Selebihnya adalah pengusaha fashion, logam, furniture, dan kuliner dari semua kabupaten dan kota se-Jateng.

Penempatan para pelaku IKM di galeri ini ditata sedemikian rupa agar menarik dan memiliki daya jual. Asisten Deputi (Asdep) Pengembangan Pemasaran I Regional II Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Adella Raung mengatakan, para pedagang akan dipisah sesuai dengan jenis produknya.

“Untuk memenuhi estetika tersebut, pengelola telah lakukan kurasi agar para pedagang memiliki visi yang sama, yaitu membangun ruang pamer atau Galeri Industri Kreatif ini menjadi lebih menarik,” ungkapnya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X