BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Traveloka

Menggali Rasa di Ranah Minang

Kompas.com - 27/05/2019, 13:29 WIB
Sumatera Barat tak hanya menyimpan obyek wisata menarik, tapi juga kekayaan kuliner dengan cita rasa luar biasa. Shutterstock Sumatera Barat tak hanya menyimpan obyek wisata menarik, tapi juga kekayaan kuliner dengan cita rasa luar biasa.

KOMPAS.com - Selain terkenal karena cerita rakyatnya, yaitu Malin Kundang dan Siti Nurbaya, Ranah Minang juga tersohor lantaran kekayaan kulinernya yang menggugah selera.

Rendang asal Sumatera Barat, misalnya. Kelezatan panganan ini tak cuma diakui masyarakat Indonesia, tapi juga internasional dengan menempati satu dari 50 makanan terenak di dunia, sebagaimana yang dilansir oleh CNN Travel, Rabu (12/7/2017).

Dalam berita tersebut bahkan dituliskan bahwa rendang menduduki urutan pertama dari 50 makanan enak di seluruh dunia.

Bukan hanya rendang, Sumatera Barat masih menyimpan banyak kekayaan kuliner lain yang rasanya tak kalah menggugah selera.

Nasi Kapau Los Lambuang

Tak sedikit yang mengira bahwa hidangan ini sama dengan nasi padang. Meski sama-sama dari Tanah Minang tapi sebenarnya kedua sajian ini berbeda.

Dari penyajian menunya, nasi padang dipajang bersusun dalam sebuah etalase kaca, sementara nasi kapau diatur sedemikian rupa bersusun di atas meja.

Kendati kurang terkenal dibandingkan dengan nasi padang, namun kuliner asal Minangkabau ini memiliki cita rasa yang tak kalah lezat, terlebih hidangan Gulai Kapaunya.

Seperti dilansir oleh Kompas.com (10/6/2016), Nusyirwan Effendi Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Andalas menuturkan bahwa Gulai Kapau merupakan hidangan khas pada nasi kapau.

"Bahan dasarnya kol, nangka, dan kacang panjang. Kuah gulainya berwarna kuning, dan ada cita rasa sedikit asam. Itu yang otentik," tuturnya.

Gulai Kapau disantap bersama satu lauk. Tinggal pilih apakah olahan ikan, ayam, daging, atau hidangan khas Kapau lainnya yakni rendang ayam.

Jika Anda ingin mencicipi kenikmatan nasi kapau, maka singgahlah sejenak ke Los Lambuang Pasar Ateh yang berada tak jauh dari Jam Gadang.

Los Lambuang Pasar Ateh merupakan kawasan tempat berkumpulnya para penjual nasi kapau. Salah satunya yang paling populer adalah Nasi Kapau Uni Lis.

Untuk harga tak perlu khawatir. Rata-rata seporsi lengkap nasi kapau di tempat tersebut dijual mulai kisaran Rp 25.000 hingga Rp 35.000.

Es Durian Ganti Nan Lamo

Kenikmatan kuliner Padang tidak hanya ditemukan pada sajian hidangan makanan utamanya saja.

Hidangan pencuci mulut seperti es durian pun tak kalah nikmatnya. Cita rasanya yang manis dan gurih terasa berbeda dengan es durian di tempat lainnya.

Jika Anda ingin merasakan kesegaran es durian di Ranah Minang, maka kunjungilah tempat terbaiknya yaitu Es Durian Ganti Nan Lamo di Jalan Pulau Karam 103B, Padang.

Kedai legendaris yang telah berdiri sejak tahun 1960 tersebut diyakini sebagai kedai es pertama di Padang.

Menu unggulan yang dijual adalah Es Durian Tok, Es Alpukat Durian, dan Es Durian dengan kacang merah dan cincau.

Sate Padang Mak Syukur

Ada satu kedai sate padang yang wajib Anda cicipi saat bertandang ke Ranah Minang.

Salah satunya Sate Padang Mak Syukur yang berada di Jalan Sutan Syahrir No. 250, Silaing Bawah, Padang Panjang.

Perpaduan daging sapi yang gurih lalu disiram kuah pedas khas Padang membuat cita rasa sate padang di tempat tersebut begitu istimewa.

Daging yang digunakan bukan sembarangan, melainkan menggunakan bagian rusuk dan punuk sapi dengan lemak. Itulah yang membuat sajian ini terasa khas dan memberikan kenikmatan lebih.

Disantap bersama katupek atau ketupat dan kerupuk jangek alias kerupuk kulit akan menambah sensasi kelezatan hidangan sate tersebut.

Simpang Kinol Padang

Simpang Kinol merupakan kawasan kuliner malam yang telah ramai sejak tahun 1990-an.

Di lokasi ini terdapat berbagai kuliner hasil kolaborasi Minang, India, dan Cina

Simpang Kinol ini selalu ramai tiap harinya karena di sini tersedia berbagai tempat makan yang menawarkan kuliner kolaborasi cita rasa Minang, India, dan Cina.

Beberapa kuliner legendaris seperti Sate Danguang-Danguang, Es Durian, Soto Padang, Sate Padang, Martabak Mesir, Gado-gado, dan Kwetiau tersedia di sini.

Warung Kopi Nan Yo

Puas dengan eksplorasi makanan, maka destinasi selanjutnya adalah Jalan Niaga 205, Pondok, Padang Barat.

Pasalnya, di lokasi tersebut terdapat Warung Kopi Nan Yo yang diyakini sebagai kedai kopi tertua di Kota Padang.

Di warung kopi yang telah berdiri sejak tahun 1932 ini, Anda dapat menikmati sajian kopi susu dingin yang nikmat.

Kenikmatan minuman tersebut berasal dari biji Kopi Sidikalang yang memang menjadi kopi khas Sumatera Barat.

Bagi yang tidak suka kopi, Anda bisa coba Teh Talua sebagai minuman tradisional Padang.

Teh Talua ini memiliki rasa yang unik karena dibuat dengan mencampurkan bahan-bahan seperti teh susu, telur mentah dan perasan jeruk nipis.

ilustrasi merencanakan liburanShutterstock ilustrasi merencanakan liburan

Bagaimana? Tertarik untuk mengeksplor Tanah Minang pada liburan nanti? Jika ya, ayo persiapkan perjalanan Anda dari sekarang.

Agar lebih praktis, Anda bisa memanfaatkan aplikasi perjalanan seperti Traveloka sebagai perencananya.

Sebab untuk merencanakan perjalanan, aplikasi tersebut punya sederetan fitur canggih yang bisa diandalkan, sehingga membuat perjalanan Anda jadi nyaman dan aman.

Seperti misalnya, fitur Seat Selection yang memungkinkan Anda menentukan kursi pesawat usai membeli tiket.

Nah, jika urusan check in biasanya hanya dapat dilakukan saat di bandara, kini hal tersebut juga sudah bisa Anda lakukan secara online lewat aplikasi Traveloka, tanpa perlu lagi repot-repot mengantri di bandara.

Bahkan, jika pada hari keberangkatan jadwal penerbangan mengalami kendala, Anda pun bisa langsung reschedule atau refund langsung dari aplikasi Traveloka.

Dengan segala fitur yang terdapat pada aplikasi Traveloka, kini merencanakan perjalanan terasa semakin lebih mudah, bukan?


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik: