Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/05/2019, 14:21 WIB
Anggara Wikan Prasetya,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

SURAKARTA, KOMPAS.com – Momen Hari Raya Idul Fitri di Kota Solo semakin lengkap dengan adanya kereta uap kuno yang melaju di sepanjang jalan utama Kota Bengawan (julukan Kota Solo).

Selama tanggal 6 sampai 8 Juni 2019 kereta uap kuno atau sepur kluthuk Jaladara akan diberangkatkan dari Stasiun Purwosari hingga Stasiun Sangkrah dua kali sehari pada pukul 10.30 dan 14.00 WIB.

Baca juga: Mudik ke Solo, Jangan Lewatkan Naik Kereta Uap Kuno Jaladara

Menariknya lagi, tarif perjalanan sepur kluthuk Jaladara pada momen lebaran tidak seperti biasanya. Mereka yang ingin menikmati sensasi tempo doloe dengan kereta kuno ini hanya perlu membeli tiket seharga Rp 190.000.

Sementara itu jika di hari-hari biasa, sepur kluthuk Jaladara menerapkan sistem sewa bagi mereka yang ingin naik. Biaya sewa sekali jalan adalah Rp 3,5 juta untuk 60 orang penumpang.

Sensasi Perjalanan Tempo Doloe

Satu hal yang menarik dari perjalanan sepur kluthuk Jaladara adalah rutenya di tengah Kota Solo, tepatnya di samping Jalan Slamet Riyadi. Bahan bakar lokomotif seri 1218 buatan Jerman pada 1896 ini pun masih sama seperti zaman dahulu, yakni menggunakan kayu jati.

Pengunjung nantinya tidak hanya bisa menikmati sensasi perjalanan tempo doloe saja. Tersedia fasilitas lain, yakni welcome drink, suvenir berupa samir, snack tradisional, pemandu wisata, train steward, dan sertifikat.

Baca juga: Malam Selikuran, Tradisi Unik Keraton Surakarta Sambut Malam Lailatul Qadar

Perjalanan sepur kluthuk Jaladara pada momen Idul Fitri 2019 di Solo besok dimulai dari Stasiun Purwosari sampai Stasiun Sangkrah, kemudian kembali lagi ke titik awal. Kereta ini nanti akan melewati tempat bersejarah di Solo, salah satunya adalah Loji Gandrung.

Open trip sepur kluthuk Jaladara ini diselenggarakan oleh Sinergi Event. Tiket bisa didapatkan di Kantor Sinergi Event atau bisa dengan memesan di nomor 0812-2854-6638.

Pembayaran maksimal adalah H-3 sebelum perjalanan. Selain itu, anak usia tiga tahun ke atas sudah diberlakukan full ticket.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com