Jangan Salah, Ini Perbedaan Kereta Api Prioritas dan Sleeper

Kompas.com - 28/05/2019, 08:04 WIB
Pemudik beraktivitas dengan fasilitas yang terdapat di dalam gerbong kereta mewah jenis sleeper di Jakarta, Selasa (12/6/2018). PT Kereta Api Indonesia mengoperasikan gerbong kereta jenis sleeper kapasitas 18 kursi di rangkaian KA Argo Anggrek Jakarta-Surabaya dengan fasilitas kursi yang dapat direbahkan 170 derajat secara elektrik, sandaran kaki elektrik dan televisi.  ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA Pemudik beraktivitas dengan fasilitas yang terdapat di dalam gerbong kereta mewah jenis sleeper di Jakarta, Selasa (12/6/2018). PT Kereta Api Indonesia mengoperasikan gerbong kereta jenis sleeper kapasitas 18 kursi di rangkaian KA Argo Anggrek Jakarta-Surabaya dengan fasilitas kursi yang dapat direbahkan 170 derajat secara elektrik, sandaran kaki elektrik dan televisi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Para pejalan kini semakin banyak memiliki pilihan kelas kereta. Selain kelas Ekonomi, Bisnis, dan Eksekutif, dua tahun belakangan para pejalan juga dapat memilih kereta prioritas. Kini pilihan bertambah dengan kereta tidur ( sleeper train) yamg termasuk dalam kelas Luxury 2.

Perlu diketahui kereta api prioritas berada dalam naungan PT Kereta Api Pariwisata, sedangkan kereta tidur atau sleeper train berada dalam naungan PT Kereta Api Indonesia.

"Luxury class dan priority class ini punya pasar (target penumpang) masing masing, jadi tidak ada masalah," kata

Direktur Utama PT Kereta Api Pariwisata, Totok Suryono di acara jumpa pers Stasiun Gambir, Jakarta, Senin (27/5/2019).

Saat ini kereta tidur atau sleeper train beroperasi untuk rute Jakarta-Solo dan Jakarta-Malang, sedangkan kereta proritas beroperasi untuk rute Jakarta-Semarang, Jakarta-Surabaya, Bandung-Surabaya, dan Jakarta-Bandung.

"Kalau priority class ini perbedaanya ada mini bar, yang mana tidak ada di luxury. Kalau penumpang yang memang mau tidur saja ya luxury. Kalau penumpang yang ingin menikmati perjalanan dan berinteraksi dengan penumpang lainnya yang priority class," jelas Totok.

Soal hiburan, keduanya menawarkan video on demand yakni layar kecil di depan kursi masing-masing.

Penumpang juga diberikan makanan, minuman, dan kebersihan gerbong yang sangat terjamin.

Lantaran di masing-masing gerbong terdapat petugas khusus kelas Luxury 2 atau KA prioritas.

Untuk harga, PT. KA Pariwisata memberikan harga promo untuk kelas Luxury 2 alias sleeper train dalam masa launching. Tarifnya sebesar Rp 750.000 untuk tiket keberangkatan 26 Mei hingga 26 Juni 2019.

Harga tiket KA prioritas seperti di KA Sembrani rute Jakarta-Surabaya dihargai Rp 900.000 pada hari biasa dan Rp 1,2 juta pada musim mudik Lebaran tahun ini.

"Pada Lebaran ini penumpang KA prioritas mendapat bingkisan apresiasi khusus, sahur gratis, dan petugas yang bekerja mendapat uang dinas tambahan juga," jelas Totok.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X