BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Traveloka

Menjajal Wisata Camping Glamor di Tanah Sunda

Kompas.com - 28/05/2019, 09:02 WIB
ilustrasi wisata glamping Shutterstockilustrasi wisata glamping

KOMPAS.com - Tidak seperti biasanya, pagi itu tepat pukul enam pagi, Winda (28) sudah bangun dari tidurnya. Padahal pada hari-hari yang lalu bangun pagi hari sangat sukar ia lakukan.

Namun kali itu berbeda. Ia terbangun karena mendengar merdunya kicauan burung sangat jelas. Salah satu karyawan bank swasta ini juga semangat bangun pagi karena menghirup udara lebih segar.

Alhasil ia merasa dirinya jauh lebih fresh dibandingkan saat menjalani rutinitasnya di Ibu Kota.

Ya, saat itu Winda bisa merasakan suasana seperti itu, karena ia dan teman-temannya memang sedang berlibur dengan menikmati wisata glamping.

Ia memilih glamping lantaran ingin merasakan liburan dengan suasana baru yang menenangkan.

Menurut Winda, wisata glamping adalah hal yang tepat untuk melepas penat sembari menikmati suasana alam yang kental.

Glamorous camping atau yang biasa disingkat dengan glamping adalah konsep wisata yang sedang tren saat ini.

Seperti tajuknya, glamping menawarkan sensasi berkemah menikmati nuansa alam dengan kelengkapan fasilitas nyaman nan mewah.

Bukan hanya karena faktor nyaman, wisata glamor ini digandrungi lantaran lokasinya selalu cocok dijadikan obyek foto alias Instagramable.

Di Indonesia sendiri, terdapat beberapa destinasi wisata glamping. Kebanyakan tersebar di Provinsi Jawa Barat. Berikut di antaranya.

Tanakita, Sukabumi

Lokasi ini merupakan perkemahan bintang lima yang terletak di kaki Gunung Gede Pangrango, Jawa Barat. Tepatnya di Jalan Kadudampit Kilometer 09.

Di penginapan yang berada pada ketinggian 1.100 meter di atas permukaan laut ini, Anda akan dimanjakan oleh indahnya panorama alam dan sejuknya udara khas pegunungan.

Tak hanya itu, beberapa fasilitas pelengkap mulai dari dapur, kamar mandi dengan kloset duduk, hingga air hangat sudah tersedia di sana.

Untuk dapat menginap di sini, Anda perlu membayar sebesar Rp 550.000 per orang. Itu pun sudah termasuk makan dan minum gratis.

Selain menginap, berbagai aktivitas alam lainnya, seperti menyusuri Danau Situ Gintung, mandi air terjun, bermain manca krida, hingga menjajal keseruan bermain river tubing juga bisa Anda lakukan di sini.

Malam harinya, Anda bisa menikmati api unggun sembari menatap bintang atau mencari kunang-kunang bersama tamu lainnya.

Sari Ater Camping Park, Subang

Surga alam yang satu ini terletak di Jalan Raya Ciater, Subang, Jawa Barat.

Berbagai fasilitas menarik tersedia di penginapan ini. Semua itu terbagi menjadi beberapa kelas berdasarkan kelengkapan fasilitas serta pemandangan sekitarnya.

Mulai dari kolam berendam air hangat, teras api unggun, taman bunga, kolam pemancingan, hingga Rumah Makan Patani yang menawarkan kuliner khas Pasundan.

Kocek yang harus dikeluarkan adalah Rp 950.000 per malam. Harga itu sudah bisa membuat Anda menikmati kenyamanan beristirahat di tenda mewah berkapasitas empat orang.

Tenda-tenda mewah tersebut menyatu sempurna dengan perbukitan pohon pinus rindang dan aliran sungai yang suaranya begitu menenangkan.

Jika Anda datang bersama anak-anak, ajaklah mereka menikmati permainan seru di area bermain anak.

Sebab di tempat tersebut tersedia beragam aktivitas seru lainnya untuk anak, seperti main ATV, gokart, dan buggy.

Ciwidey Valley Hot Spring Water & Resort

Resort ini yang terletak di Barutunggul kilometer (km) 17, Rancabali, Ciwidey, Bandung ini merupakan salah satu destinasi wisata tersohor di Kota Kembang tersebut. 

Banyak aktivitas alam yang bisa Anda lakukan di sini baik bersama keluarga maupun teman.

Misalnya berenang atau sekadar berendam untuk menyegarkan diri di taman wahana air yang tesedia di sana.

Sekadar informasi, sumber air di wahana tersebut adalah air hangat alami yang berasal dari Gunung Kawah Putih.

Bukan hanya itu, wahana air tersebut semakin menarik karena memiliki sejumlah seluncuran mengasyikan.

Jika bosan bermain air, Anda bisa melakukan aktivitas lainnya, seperti bersantai di kedai makan, seru-seruan di taman bermain, atau berkeliling kebun buah dan taman burung raksasa.

Selesai menikmati rekreasi air, Anda bisa lanjut beristirahat di salah satu tenda dalam kawasan Ciwidey Valley Hot Spring Water & Resort.

Meski terlihat sederhana, namun perkemahan tersebut sudah didukung fasilitas modern.

Bagaimana, tertarik menjajal wisata glamping di salah satu tempat tersebut?

Bagi Anda yang berdomisili di sekitar Jawa Barat seperti Jakarta, jarak bukanlah sebuah masalah besar.

Namun lain cerita bila Anda berasal dari luar Jawa Barat atau bahkan luar pulau.

Mau tak mau, Anda perlu mempersiapkan perjalanan demi mencapai destinasi camping mewah tersebut.

Sementara itu, moda transportasi yang paling cepat adalah dengan menggunakan pesawat. Rutenya bisa menuju Bandung atau Jakarta, kemudian lanjut perjalanan darat.

Untuk menciptakan perjalanan yang aman dan nyaman, ada baiknya Anda mengandalkan aplikasi perjalanan yanga kini telah beragam jenisnya. Misalnya saja Traveloka.

Lewat aplikasi tersebut, Anda dapat menikmati berbagai fitur kemudahan, mulai dari sebelum membeli tiket, hingga setelah membeli tiket.

ilustrasi merencanakan liburanShutterstock ilustrasi merencanakan liburan

Sebelum dan sesudah beli tiket

Lewat aplikasi Traveloka, Anda sangat mungkin mendapatkan tiket pesawat ke Jawa Barat dengan harga sesuai bujet atau anggaran.

Untuk itu, aktifkan fitur Price Alert atau Notifikasi Harga sebelum Anda membeli tiket.

Kemudian, pasang rute dan waktu perjalanan beserta besaran harga yang Anda inginkan di fitur tersebut.

Nantinya, Anda akan mendapat notifikasi apabila tiket pesawat tersebut tersedia dengan harga kisaran bujet yang diset sebelumnya.

Usai membeli tiket, untuk meningkatkan kenyamanan saat penerbangan nanti, sebaiknya manfaatkan fitur Seat Selection sehingga Anda bisa memilih posisi kursi terbaik di pesawat.

Selanjutnya, manfaatkan juga fitur Meal Selection untuk mengantisipasi apalgi Anda lapar saat penerbangan nanti.

Nah, agar barang bawaan Anda terjamin keamanannya saat melakukan perjalanan dengan pesawat, pilihlah paket ekstra Extra Baggage pada aplikasi Traveloka.

Dengan paket ini maka barang di bagasi Anda akan mendapatkan double protection.

Biaya layanan tersebut nantinya akan ditambahkan ke dalam harga tiket, sehingga pembayarannya bisa Anda lakukan melalui satu waktu dan satu pintu.

Jadi, Anda tak perlu lagi harus repot menghubungi maskapai terkait atau mengurusnya di loket bandara.

Langkah selanjutnya

Proses check-in di bandara kerap menyita waktu, terutama jika Anda terbang pada high season, seperti misalnya libur Lebaran nanti.

Nah, agar tidak repot-repot mengantri di bandara, Anda bisa check in online langsung dari aplikasi Traveloka.

Menu Check-in Online sekarang sudah tersedia di laman utama aplikasi tersebut.

Jika semua persiapan perjalanan di atas beres, maka selanjutnya Anda tinggal menunggu hari H atau hari keberangkatan.

Untuk memastikan Anda tidak ketinggalan pesawat, Traveloka menyediakan fitur Status Penerbangan (Flight Status) yang bisa diakses langsung dari aplikasi.

Lewat fitur tersebut, Anda bisa memantau info penerbangan terkini dengan sentuhan jari, tanpa harus mencari layar informasi di bandara.

Bahkan Anda bisa membagikan status penerbangan tersebut kepada kerabat atau keluarga yang nantinya akan menjemput di bandara. Tinggal klik perintah “Bagikan/Share” saja.

Nah, kalau semua tahapan di atas sudah dilakukan, maka masalah jarak bukan lagi persoalan untuk merasakan wisata glamping.

Selamat berlibur!

 

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya