Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dekat dengan Jakarta, Sambangi 5 Destinasi Eksotis di Sukabumi

Kompas.com - 28/05/2019, 19:05 WIB
Rifqi Aufal Sutisna,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Momen libur Hari Raya Idul Fitri biasa dimanfaatkan masyakarakat Indonesia untuk pulang mudik ke kampung halaman guna menyambung silaturahmi dengan keluarga besar.

Namun tak jarang pula, sejumlah orang merayakan momentum lebaran sambil bermaaf-maafan di rumah saja dengan keluarga dan tetangga sekitaran rumah.

Namun jika kamu tidak mudik tapi tetap ingin liburan, berikut ini KompasTravel menghimpun rekomendasi Kementerian Pariwisata (Kemenpar) tentang 5 destinasi unggulan di salah satu daerah yang dekat dengan Jakarta, yakni Kabupaten Sukabumi:

1. Desa Adat Kasepuhan Ciptagelar

Warga adat Kasepuhan Ciptagelar, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat memasukkan padi ke dalam lumbung (leuit) komunal saat upacara seren taun, Minggu (24/8/2014). Seren taun adalah upacara adat untuk mensyukuri hasil panen padi selama satu tahun. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMOKristianto Purnomo Warga adat Kasepuhan Ciptagelar, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat memasukkan padi ke dalam lumbung (leuit) komunal saat upacara seren taun, Minggu (24/8/2014). Seren taun adalah upacara adat untuk mensyukuri hasil panen padi selama satu tahun. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO

Ingin liburan sekaligus mempelajari adat masyarakat pedalaman Sukabumi? Desa ini adalah tempat yang tepat masyarakat di sini masih memegang kuat adat dan ajaran leluhur, terlihat dari rumah adat, tradisi, serta ciri khas lokasi.

Desa Adat Kasepuhan Ciptagelar berada di wilayah Kampung Sukamulya, Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi. Tempatnya mengisi tiga wilayah kabupaten, yakni Kabupaten Lebak, Kabupaten Bogor, dan Kabupaten Sukabumi.

2. Situs Tugu Gede Cengkuk

Sesuai namanya, Situs Tugu Gede berada di Kampung Cenguk,  Kelurahan Margalaksana, Kecamatan Cikakak, tempatnya dikelilingi oleh Gunung Halimun, lokasinya kurang lebih 468 – 500 meter di atas permukaan laut.

Tempat ini terdapat beberapa monumen batu, di antaranya batu jambangan, dolmen, batu altar, tahta batu, batu umpak, dan menhir. Situs Tugu Gede cocok untuk kamu yang ingin liburan sambil belajar sejarah.

3. Goa Buniayu

Goa Buniayu di Sukabumi, Jawa Barat.BARRY KUSUMA Goa Buniayu di Sukabumi, Jawa Barat.

Goa seluas 10 hektar ini sangat cocok untuk kamu yang menyukai petualangan dan tantangan karena di sini terdapat tiga zona yang bisa dijelajahi, yakni  zona terang, zona senja, dan zona gelap abadi.

Lokasi goa berada di Cipicung, Kerta Angsana, Nyalindung, Cimerang, Purabaya, Sukabumi. Pengunjung cukup membayar tiket masuk kawasan sebesar Rp 5.000 per orang, atau menjelajahi goa vertikal dengan sewaan peralatan lengkap dengan biaya Rp 150.000 per orang.

4. Kawah Ratu

Kawah Ratu Gunung Tangkuban Parahu, Bandung, Jawa Barat, Kamis (26/1/2012). Gunung yang tumbuh dalam Kaldera Sunda 90.000 tahun lalu memiliki tiga kawah, yakni Panguyangan Badak yang berumur 90.000-40.000 tahun lalu, Kawah Upas yang berumur 40.000-10.000 tahun lalu, dan Kawah Ratu, 10.000 tahun lalu sampai sekarang.  KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO Kawah Ratu Gunung Tangkuban Parahu, Bandung, Jawa Barat, Kamis (26/1/2012). Gunung yang tumbuh dalam Kaldera Sunda 90.000 tahun lalu memiliki tiga kawah, yakni Panguyangan Badak yang berumur 90.000-40.000 tahun lalu, Kawah Upas yang berumur 40.000-10.000 tahun lalu, dan Kawah Ratu, 10.000 tahun lalu sampai sekarang.

Kawah Ratu berada di Gunung Salak pada ketinggian 800 sampai 900 mdpl, cocok untuk kamu yang ingin melakukan peregangan dan olahraga santai, atau belajar mendaki gunung.

Kendati demikian, beraneka ragam jenis pepohonan serta track sungai dan lumpur dan curah hujan tinggi siap menantang kamu jika ingin ke Kawah Ratu.

5. Curug Awang Ciletuh Pelabuhan Ratu

Bentuk air terjunnya tidak biasa karena terbentuk dari formasi bebatuan yang unik dengan kontur yang baik. Cocok untuk kamu yang ingin melihat proses geologi terjadi. Curug ini berlokasi di kawasan Geopark Ciletuh, Cibenda, Ciemas, Kabupaten Sukabumi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com