Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Rekomendasi Tempat Wisata Seru di Kabupaten Batang

Kompas.com - 29/05/2019, 07:04 WIB
Nur Rohmi Aida,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - KabupatenBatang mungkin namanya tak terlalu terkenal layaknya Banjarnegara, Pekalongan maupun Kendal yang mengapit kabupaten ini dari berbagai sisi.

Namun siapa sangka, kabupaten yang kawasannya masuk dalam garis Pantai Utara (Pantura) ini, memiliki cukup banyak tempat-tempat wisata yang seru untuk dikunjungi.

Jika dalam waktu dekat berencana mudik ke Batang, atau mungkin sekedar melintasi jalur Pantura, mungkin kamu bisa mendatangi beberapa rekomendasi tempat wisata di Batang yang dikumpulkan Kompas Travel berikut ini:

1. Pantai Sigandu

Pantai Sigandu, Kabupaten Batang, Jawa Tengah.KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Pantai Sigandu, Kabupaten Batang, Jawa Tengah.
Pantai Sigandu berada sekitar dua kilometer sebelah utara Batang. Dari Jalur Pantura hanya 10 menit menuju pantai ini.

Pantai Sigandu menampilkan pesona pasir putih dengan panorama matahari terbit yang terbenamnya amat memikat wisatawan. Beberapa fasilitas di pantai ini juga sudah cukup komplit, mulai tempat parkir, toilet, resto, hingga mushala.

Pantai ini juga bersebelahan dengan Batang Dolphin Centre, dari Taman Safari Indonesia. Anda bisa sekalian mengunjunginya untuk melihat atraksi lumba-lumba yang legal.

2. Pantai Ujung Negoro

Pantai Ujung Negoro, Kabupaten Batang, Jawa Tengah.KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Pantai Ujung Negoro, Kabupaten Batang, Jawa Tengah.
Berada di Pantai Ujung Negoro, wisatawan bisa melakukan beragam aktifitas seperti memancing di area batu karang di sisi tebing samping pantai, menelusuri goa yang ada di dekatnya, serta mendaki bukit untuk melihat pemandangan.

Pantai Ujung Negoro terletak di Desa Ujungnegoro, Kecamatan Kandeman, sekitar 12,8 kilometer dari pusat kota. Jika dari Jalur Pantura pantai ini bisa dijangkau hanya 15 menit.

Berada di sini, Wisatawan juga bisa berkunjung ke sentra pembuatan terasi, tepat di samping pantai tersebut, dan membawanya sebagai oleh-oleh pulang ke rumah.

3. Pantai Cemoro Sewu

Pantai Cemoro Sewu, Kabupaten Batang, Jawa Tengah.KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Pantai Cemoro Sewu, Kabupaten Batang, Jawa Tengah.
Dinamakan Pantai Cemoro Sewu lantaran di pantai ini ditanami sangat banyak pohon cemara. Dahulu, pohon cemara ditanam untuk mencegah abrasi.

Namun sekarang, pohon-pohon cemara tersebut menjadikan Pantai Cemoro Sewu terlihat indah dan memberikan suasana sejuk.

Berada di sini, Anda bisa berkemah, hammocking, dan outbound di bibir pantainya. Terdapat karang maheso, karang yang cukup terkenal sebagai tempat memancing wisatawan, terutama pehobi mancing di Jalur Pantura

4. Kebun Teh Pagilaran Batang

Indahnya lanskap di kawasan perkebunan teh Pagilaran. Kabupaten Batang, Jawa Barat, Kamis (3/5/2018).KOMPAS.com/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Indahnya lanskap di kawasan perkebunan teh Pagilaran. Kabupaten Batang, Jawa Barat, Kamis (3/5/2018).
Kebun Teh Pagilaran merupakan agrowisata unggulan di kabupaten Batang. Lokasinya di Desa Pagilaran, sekitar satu jam dari pusat Kabupaten Batang, ke arah selatan.

Kebun Teh Pagilaran berada di atas 600-1.600 meter di atas permukaan laut, dengan luas 1.130 hektare.

Salah satu atraksi wisata agro yang bisa dinikmati pengunjung ialah tea walk, menelusuri enam kilometer jalur perkebunan teh.

Baca juga: Serunya Menjelajah Kebun Teh Pagilaran Batang

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com