Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Miliki Hidden Paradise, Pesona Bali akan Tampil di Edisi Terbaru Majalah Vogue

Kompas.com - 29/05/2019, 12:44 WIB
Anissa DW,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pesona Pulau Bali berhasil menarik perhatian salah satu majalah fashion terkemuka dunia, Vogue.

Buktinya, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) mendapatkan tawaran untuk menjadikan Bali sebagai objek foto Vogue, melalui Visit Indonesia Tourism Officer (VITO) Rusia.

Vogue merupakan majalah fashion dan lifestyle ternama dunia yang terbit sejak 1892. Banyak model ternama dunia pernah bekerja sama dengan Vogue, seperti Cindy Crawford dan Claudia Schiffer.

Kemenpar pun menyambut baik tawaran tersebut dengan menggelar Familiarization Trip (Famtrip). Kegiatan ini melibatkan sembilan kru majalah Vogue yang berasal dari Perancis, Inggris, Denmark dan Rusia.

Dalam keterangan tertulis yang Kompas com terima, Rabu (29/5/2019), Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengatakan, tujuan Famtrip adalah untuk memperkuat citra pariwisata Indonesia di mata dunia, khususnya masyarakat Eropa.

Melalui Famtrip dapat ditunjukan bahwa Indonesia merupakan destinasi yang aman dan nyaman, serta memiliki hidden paradise yang belum banyak diketahui dan dikunjungi.

“Tahun ini, Kemenpar menargetkan kunjungan wisman Eropa sebesar 2,5 juta. Jumlah tersebut meningkat 19 persen dari target yang ditetapkan di tahun 2018. Artinya, segala upaya harus dilakukan untuk memenuhi target tersebut. Salah satunya dengan menggelar famtrip,” terangnya.

Pemotretan majalah Vogue berlangsung selama 8 hari di beberapa lokasi wisata di Bali, seperti Fin Beach, Hanging Garden, Melasti Beach, Vertical House Bali, Calm the Tree.

Sebelum pemotretan dimulai, seluruh kru dan model diajak mengunjungi beberapa tempat wisata adar dan budaya di Ubud. Misalnya, Pura Dalam Puri Peliatan yang merupakan salah satu pura tertua di Ubud.

Kemudian mengunjungi Danau Bratan yang terkenal dengan gapura menghadap ke sebuah danau besar dan pulau kecil di sebrang area danau.

"Peserta juga diajak berkunjung ke Secret Garden Village untuk melihat proses sistem tanam hidroponik serta pembibitan dan perawatan dari beberapa tanaman lokal dan juga tanaman tanpa media tanam tanah,” terang Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II Kemenpar Nia Niscaya, Selasa (28/5/2019).

Selanjutnya, dari hari ketiga hingga kelima digunakan untuk survei dan koordinasi dengan lokasi pemotretan. Baru pada hari keenam hingga kedelapan pemotretan dilakukan.

Lokasi pemotretan yang dipilih di antaranya, Meliputi Hanging Garden, Balangan Beach, Dreamland Beach, Padang-Padang Beach, Vertical House, Nusa Penida, Desa Adat Pancora Ubud, Pantai Berawe Canggu, dan Mawang Rice Fields.

Kesempatan Famtrip itu juga dimanfaatkan Kemenpar untuk menunjukan bahwa Indonesia memiliki konektivitas yang baik dengan negara-negara di Eropa, salah satunya Rusia.

Contohnya, Nia menjelaskan, lima orang kru dan model yang berasal dari Moscow, Rusia terbang ke Indonesia menggunakan maskapai Rossiya Airlines. Maskapai itu merupakan satu-satunya maskapai Rusia yang memiliki penerbangan langsung ke Indonesia.

Rossiya Airlines memiliki durasi penerbangan tiga kali seminggu ke Indonesia. Penumpang dilayani menggunakan tipe pesawat Boeing 777-300 ER berkapasitas 436 penumpang sekali terbang.

Sebaga informasi, hasil Famtrip kali ini akan muncul di majalah Vogue yang akan terbit bulan Juni 2019 dalam 7 halaman feature fashion photography.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com