7 Tips Mudik Jarak Jauh Naik Motor agar Selamat sampai Tujuan

Kompas.com - 29/05/2019, 20:10 WIB
Travelling naik sepeda motor. ShutterstockTravelling naik sepeda motor.

KOMPAS.com – Momen mudik menjadi tradisi tahunan yang dilakukan oleh sebagian masyarakat Indonesia. Banyak orang yang pulang kembali ke kampung halamannya untuk merayakan Idul Fitri bersama keluarga.

Ada banyak cara masyarakat untuk mudik ke kampung halaman. Kebanyakan pemdudik memang menggunakan transportasi umum atau mobil sebagai kendaraan pribadi. Namun, ada juga mereka yang mudik dengan menggunakan sepeda motor.

Baca juga: 7 Tips Mudik Asyik Naik Bus untuk Rayakan Idul Fitri 2019 di Rumah

Jika mudik tahun 2019 ini menggunakan sepeda motor, maka simak 7 tips mudik naik motor berikut agar selamat sampai tujuan:

1. Pastikan sepeda motor dalam keadaan prima

Sebelum memulai perjalanan mudik, pastikan kondisi motor dalam keadaan prima. Periksa mulai dari kondisi mesin, rem, roda, oli, lampu, dan komponen lainnya. Motor yang lancar akan memperlancar perjalanan sampai kampung halaman.

Sebaliknya jika kondisi motor tidak prima, hal itu akan menghambat perjalanan. Tentu siapa pun tidak mau jika motor mogok atau rusak di tengah perjalanan mudik. Selain itu jika motor tidak prima, hal itu rawan menyebabkan kecelakaan.

Baca juga: Berlebaran di Solo? Ini Harga Tiket Sepur Kluthuk Jaladara

Lebih baik jika servis motor terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan mudik. Sampaikan keluhan mengenai kondisi motor kepada petugas servis agar masalah itu dapat segera teratasi.

2. Pastikan kondisi tubuh fit

Selain motor, pengendara juga harus prima atau fit agar bisa berkendara dengan konsentrasi penuh dan bugar. Ini penting guna meminimalisasi kecelakaan yang terjadi karena hilangnya konsentrasi.

Agar senantiasa fit, hendaknya konsumsi makanan bergizi dan kaya vitamin saat sahur dan berbuka. Hal itu dilakukan agar saat akan berangkat mudik dengan sepeda motor, kondisi tubuh prima dan fit.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X