Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tips Mudik Jarak Jauh Naik Motor agar Selamat sampai Tujuan

Kompas.com - 29/05/2019, 20:10 WIB
Anggara Wikan Prasetya,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Momen mudik menjadi tradisi tahunan yang dilakukan oleh sebagian masyarakat Indonesia. Banyak orang yang pulang kembali ke kampung halamannya untuk merayakan Idul Fitri bersama keluarga.

Ada banyak cara masyarakat untuk mudik ke kampung halaman. Kebanyakan pemdudik memang menggunakan transportasi umum atau mobil sebagai kendaraan pribadi. Namun, ada juga mereka yang mudik dengan menggunakan sepeda motor.

Baca juga: 7 Tips Mudik Asyik Naik Bus untuk Rayakan Idul Fitri 2019 di Rumah

Jika mudik tahun 2019 ini menggunakan sepeda motor, maka simak 7 tips mudik naik motor berikut agar selamat sampai tujuan:

1. Pastikan sepeda motor dalam keadaan prima

Sebelum memulai perjalanan mudik, pastikan kondisi motor dalam keadaan prima. Periksa mulai dari kondisi mesin, rem, roda, oli, lampu, dan komponen lainnya. Motor yang lancar akan memperlancar perjalanan sampai kampung halaman.

Sebaliknya jika kondisi motor tidak prima, hal itu akan menghambat perjalanan. Tentu siapa pun tidak mau jika motor mogok atau rusak di tengah perjalanan mudik. Selain itu jika motor tidak prima, hal itu rawan menyebabkan kecelakaan.

Baca juga: Berlebaran di Solo? Ini Harga Tiket Sepur Kluthuk Jaladara

Lebih baik jika servis motor terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan mudik. Sampaikan keluhan mengenai kondisi motor kepada petugas servis agar masalah itu dapat segera teratasi.

2. Pastikan kondisi tubuh fit

Selain motor, pengendara juga harus prima atau fit agar bisa berkendara dengan konsentrasi penuh dan bugar. Ini penting guna meminimalisasi kecelakaan yang terjadi karena hilangnya konsentrasi.

Agar senantiasa fit, hendaknya konsumsi makanan bergizi dan kaya vitamin saat sahur dan berbuka. Hal itu dilakukan agar saat akan berangkat mudik dengan sepeda motor, kondisi tubuh prima dan fit.

3. Cukup tidur

Selain karena faktor tubuh yang prima dan bugar, konsentrasi saat mengendarai sepeda motor juga didapatkan melalui tidur yang cukup. Pastikan bebas dari rasa kantuk saat akan memulai perjalanan.

Ilustrasi: Kondisi arus balik pemotor yang melintas di Kalimalang, Rabu (20/6/2018)KOMPAS.com/Stanly Ravel Ilustrasi: Kondisi arus balik pemotor yang melintas di Kalimalang, Rabu (20/6/2018)

Jika kurang tidur, kurang konsentrasi menjadi ancaman nyata bagi para pemudi, terutama mereka yang naik sepeda motor. Berbagai risiko seolah menanti mereka yang kurang konsentrasi, mulai ditilang karena melanggar aturan sampai kecelakaan.

Selain itu, kurang tidur juga rawan menyebabkan microsleep. Ini merupakan kondisi di mana pengendara tertidur sejenak di atas kendaraan. Tentu hal ini sangatlah berbahaya karena bisa merugikan diri sendiri dan orang lain.

4. Hindari ngopi saat sahur

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com