Share this page

Menikmati Danau Sentani dengan 4 Aktivitas Berikut

Kompas.com - 30/May/2019 , 04:10 WIB

Menikmati Danau Sentani dengan 4 Aktivitas Berikut

KOMPAS.com - Tak hanya indah bagi masyarakat Papua, Danau Sentani juga dikagumi wisatawan. Selain hanya melihat keindahannya saja. Ada beberapa aktivitas seru yang bisa kita lakukan di sekitar Danau Sentani.

Danau Sentani berada di Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura, Papua. Nama yang disematkan pada danau cantik ini pertama kali diberikan pada seorang Pendeta Kristen BL Bin pada tahun 1898.

Bagi masyarakat Papua, Sentani berarti “di sini kami tinggal dengan damai”, yang intinya masyarakat Papua berharap danau ini akan membawa kedamaian bagi seluruh lapisan masyarakat Papua.

Danau tersebut juga menawarkan beragam aktivitas menarik bagi para wisatawan yang berkunjung ke Jayapura. Apa saja?

1. Berkeliling Danau

Menyusuri danau dengan perahu menjadi salah satu aktivitas wajib dilakukan ketika berkunjung ke danau itu.

Wisatawan bisa menyewa perahu yang disediakan oleh penduduk lokal. Saat berkeliling Danau Sentani, pengunjung akan disuguhkan udara yang segar, ditambah pemandangan masyarakat sekitar.

Jangan lewatkan untuk mampir ke Pulau Aseu atau Ayapo. Sebab, ada banyak barang dagangan yang bisa dijadikan cinderamata. Di antaranya ada lukisan dan kerajinan dari kulit kayu.

Uniknya, lukisan tersebut dibuat dengan cara kerja sama, yaitu dilukis oleh pria kemudian diwarnai oleh mama-mama.

2. Menikmati pemandangan di Bukit Teletubies

Bukit ini berada di pegunungan Cyclop, Komplek Rindam Jaya Kodam 8 Trikora, Markas TNI, Jayapura.

Untuk sampai ke Bukit Teletubies, pengunjung harus trekking. Di atas bukit, wisatawan bisa melihat jalanan setapak yang memanjang sampai ujungnya tak tampak dengan jelas.

Sepanjang jalan setapak, ada pondok-pondok yang bisa digunakan untuk duduk santai sambil beristirahat.

Saat bersantai, pengunjung tetap akan disuguhkan keindahan Danau Sentani yang sangat luas juga berlatar deretan rumah warga yang terletak di pinggiran hampir mendekati tepian danau. Lokasinya,  persis di bawah kaki Bukit Teletubies.

3. Berenang di danau

Anak-anak di sekitaran Danau Sentani sudah terbiasa bermain dan berenang di danau ini. Tak hanya anak-anak, para wisatawan juga bisa menikmati segarnya air danau dengan berenang.

4. Melihat tifa keramat

Di Desa Yobeh, salah satu kampung dari 24 kampung adat yang ada di Danau Sentani, menyimpan beberapa cerita magis dan benda-benda keramat.

Salah satunya adalah tifa atau gendang khas Papua yang berumur 200 tahun. Menurut masyarakat setempat, tifa terbuat dari kulit manusia, dan bisa berbunyi sendiri. Konon, tifa berbunyi sebagai pertanda ada warga yang akan meninggal.

Wisata seru lainnya di Papua:

Melihat Langsung Mumi di Distrik Kurulu Papua

Rok Rumbai, Rok Adat Orang Papua

Tifa, Identitas Suku-Suku Maluku dan Papua

Temukan cerita lainnya mengenai keindahan Indonesia dalam Pesona Indonesia.

KOMENTAR

Lihat Keajaiban Lainnya