5 Air Terjun di Semarang yang Bakal Bikin Badan Kamu Segar

Kompas.com - 30/05/2019, 11:04 WIB
Objek wisata Curug Gondoriyo di Kota Semarang, Jawa Tengah. KOMPAS.com/NAZAR NURDINObjek wisata Curug Gondoriyo di Kota Semarang, Jawa Tengah.

KOMPAS.com – Perjalanan mudik yang memakan waktu lama, tentu akan buat kamu lelah. Salah satu cara yang bisa kamu coba untuk mengatasi rasa lelah adalah mampir ke lokasi tempat wisata semacam air terjun.

Segarnya gemericik air mampu meluruhkan rasa lelah dan mengembalikan semangat kamu untuk kembali melanjutkan perjalanan.

Nah, apabila mudik dan melewati Semarang, kamu bisa mendatangi beberapa air terjun yang ada di Semarang berikut ini. Sangat cocok buat kamu yang suka main basah-basahan.

1. Curug Gondoriyo

Curug Gondoriyo menyajikan pengalaman berbeda untuk kamu. Jika biasanya air terjun menarik didatangi saat siang hari, Curug Gondoriyo justru menarik didatangi saat malam hari.

Saat matahari terbenam, air terjun tersebut terlihat bercahaya. Gemerlap lampu mewarnai kucuran air dari atas.

Air terjun Curug Gondoriyo berada di Dusun Karang Joho, Kelurahan Gondoriyo, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang. Akses ke lokasi juga tidak terlalu jauh dari pusat kota, atau sekitar 15 km ke arah Boja, Kabupaten Kendal

2. Air Terjun Umbul Songo

Kolam renang di kawasan Air Terjun Umbul Songo, Kabupaten Semarang.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Kolam renang di kawasan Air Terjun Umbul Songo, Kabupaten Semarang.
Nama obyek wisata ini adalah Air Terjun Umbul Songo. Namun sayangnya air terjun tidaklah besar. Bahkan ketika musim hujan aliran airnya masih kecil karena hanya bersumber dari air hujan. Air terjun akan besar sehabis diguyur hujan.

Namun asyiknya, di kawasan wisata Air Terjun Umbul Songo yang masih ada dalam pengelolaan Taman Nasional Gunung Merbabu (TNGM) ini, terdapat kolam renang yang bisa digunakan untuk berenang.

Kesegaran hawa di sekitar nantinya mampu mengembalikan semangat kamu.

3. Curug Gendhing Asmoro

Obyek wisata Air Terjun Curug Gending Asmoro di Dusun Tompo Gunung, Desa Kalongan, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (17/2/2018).KOMPAS.COM/SYAHRUL MUNIR Obyek wisata Air Terjun Curug Gending Asmoro di Dusun Tompo Gunung, Desa Kalongan, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (17/2/2018).
Curug ini terletak di Dusun Tompo Gunung, Desa Kalongan, Kecamatan Ungaran Timur. Nama Gending Asmoro erat kaitannya dengan legenda gamelan gaib di dekat air terjun.

Curug Gending Asmoro tidak berada di lereng gunung. Namun, di tengah lebatnya "hutan" bambu.

Ada dua air terjun dengan ketinggian yang berbeda, yakni 16 meter dan 12 meter. Letaknya sebelah kanan dan kiri sungai.

Untuk menjangkau kedua lokasi ini, dibuatlah jembatan penghubung yang menjadi favorit pengunjung untuk berfoto.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X