Kompas.com - 30/05/2019, 15:10 WIB


KULON PROGO, KOMPAS.com - Dinas Perhubungan Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, memeriksa puluhan kendaraan yang biasa melayani angkutan wisata ke beberapa obyek di Bukit Menoreh.

Mereka memeriksa kelayakan kendaraan mulai dari rem, hand rem (rem tangan), hingga sabuk keselamatan.

Mereka mendatangi beberapa komunitas pelaku angkutan wisata, seperti Kampoeng Traveler, Sinar Menoreh, hingga Almound.

Baca juga: Berburu Samudera Kabut di Atap Perbukitan Menoreh

Bersama polisi dari Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Kulon Progo, mereka memeriksa berbagai jenis kendaraan yang banyak berupa Daihatsu Taft hingga Toyota Hardtop.

Dinas Perhubungan Kulon Progo menerjunkan Unit Pelayanan Teknis Uji Kendaraan Bermotor ketika memeriksa kendaraan wisata itu.

Baca juga: Jalur Ekstrem ke Bukit Menoreh Disukai Wisman

"Wisata Kulon Progo sedang naik daun. Karenanya kita perlu memiliki layanan baik sehingga menjadi promosi bagi kita semua," kata Lucius Bowo Pristiyanto di tengah memimpin sidak ke Kampoeng Travel di kawasan Clereng, Selasa (28/5/2019).

Polisi dari Satuan Lalu Lintas Polres Kulon Progo, DI Yogyakarta memeriksa kelengkapan mobil-mobil jip yang biasanya dipakai untuk melayani wisatawan yang hendak piknik di Bukit Menoreh.KOMPAS.com/DANI J Polisi dari Satuan Lalu Lintas Polres Kulon Progo, DI Yogyakarta memeriksa kelengkapan mobil-mobil jip yang biasanya dipakai untuk melayani wisatawan yang hendak piknik di Bukit Menoreh.
Bukit Menoreh berada pada kontur yang ekstrem, memiliki jalan sempit, terjal dengan jurang di satu sisi dan jurang pada sisi lain, juga tidak sedikit tikungan tajam. Kualitas jalan juga beragam karena ada yang halus hingga rusak.

Baca juga: Wisata Kalibiru, Sempat Gersang Sebelum Viral...

Semua terbayar ketika bisa mencapai destinasi Kalibiru dan Pulepayung karena eksotika wisata panorama di sana. Seperti biasa, dua destinasi ini selalu menjadi salah satu tujuan utama pelancong nanti.

Bowo berharap kondisi angkutan wisata itu prima dan memenuhi kelengkapan keselamatan.

"Sementara ini kondisi kendaraan wisata baik dan cukup layak. Mereka memenuhi standar yang kita mau. Ada beberapa catatan saja, seperti safety belt. Kami menyarankan untuk tetap dipenuhi," kata Bowo.

Baca juga: Obyek Wisata Kalibiru di Kulon Progo Tambah Jumlah Spot Foto

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.