Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Obyek Wisata Keluarga di Kendal, Cocok Buat Liburan

Kompas.com - 30/05/2019, 21:06 WIB
Rifqi Aufal Sutisna,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KENDAL, KOMPAS.com - Kabupaten Kendal di Jawa Tengah terkenal sebagai daerah transit untuk moda transportasi bus antarkota. Selain itu, Kendal juga dilintasi jalur kereta api dengan tiga stasiun, yakni Waleri, Kalibodri, dan Kaliwungu.

Lantaran menjadi daerah transit, Kabupaten Kendal sangat cocok disinggahi oleh para pemudik, terutama bagi kamu yang melintasi jalur mudik Pantai Utara (Pantura) Jawa.

Berikut 5 destinasi unggulan di Kabupaten Kendal menurut rekomendasi Kementerian Pariwisata (Kemenpar), seperti yang dihimpun KompasTravel.

1. Curug Sewu

Taman wisata Curug Sewu, Kendal, Jawa Tengah.Tribunnews Taman wisata Curug Sewu, Kendal, Jawa Tengah.

Curug ini memiliki total tinggi mencapai 80 meter yang terbagi menjadi tiga tingkat, yaitu pertama 45 meter, kedua 15 meter, dan ketiga setinggi 20 meter.

Curug yang mudah dijangkau ini juga memiliki berbagai fasiitas ramah anak seperti permainan anak, penginapan, kebun binatang mini, dan ada pula roller coaster.

Letak curug berada di Remboko, Curugsewu, Patean, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Tiket masuknya sendiri hanya dibanderol sekitar Rp 5.000 saja untuk satu orang.

2. Pasar Karetan

Pasar Karetan, pasar unik ini berada di tengah kebun karet di Kendal, Jawa Tengah, Minggu (28/1/2018). Pasar ini tiap minggu dipenuhi ribuan wisatawan dari berbagai daerah.KOMPAS.com/NAZAR NURDIN Pasar Karetan, pasar unik ini berada di tengah kebun karet di Kendal, Jawa Tengah, Minggu (28/1/2018). Pasar ini tiap minggu dipenuhi ribuan wisatawan dari berbagai daerah.

Pasar Karetan merupakan tempat yang menjual berbagai bahan makanan, lokasi beralamatkan di Dusun Segrumung, Desa Meteseh, Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Tak sampai di situ, pasar ini adalah tempat yang instagramable dengan suguhan hutan karet, sawah, lengkap dengan berbagai fauna seperti angsa, burung, dan sapi di dalam kandang.

Sementara itu, pengunjung juga bisa menikmati sajian kuliner tradisional khas seperti bakso batok, es rambut bidadari, pepes wader, bandeng bakar, dan berbagai olahan menarik lainnya.

3. Pantai Cahaya

Menikmati keindahan alam pantai cahaya Kendal. KOMPAS.com/SLAMET PRIYATINKOMPAS.com/SLAMET PRIYATIN Menikmati keindahan alam pantai cahaya Kendal. KOMPAS.com/SLAMET PRIYATIN

Pantai Cahaya menawarkan pemandangan yang indah, lengkap dengan berbagai wahana menarik seperti arena pentas lumba-lumba dan juga kolam renang, sangat cocok untuk berekreasi bersama keluarga.

Bagi kamu yang ingin berlama-lama bermain di pantai ini, pengelola menyediakan wisata paket komplet seharga Rp 40.000 per orang. Sementara untuk menyewa saung, Kamu hanya perlu merogoh kocek Rp 50.000.

Letak Pantai Cahaya beralamat di Klampok, Sendang Sikucing, Rowosari, Kabupaten Kendal.

4. Agrowisata Tirto Arum Baru

Tempat wisata ini menyediakan berbagai wahana menarik seperti bak renang, taman bermain, pemancongan, flying fox, wahana air, restoran, dan lain sebagainya, cocok untuk menghabiskan momen liburan bersama keluarga.

Baca juga: Serunya Berburu Kuliner Khas Kendal di Pasar Karetan

Untuk mengunjungi obyek wisata seru ini, kamu hanya perlu merogoh kocek Rp 5.000 per orang saat weekday, dan Rp 6.000 pada hari Minggu atau tanggal merah.

Lokasinya berada di Jalan Raya Soekarno-Hatta Barat KM. 2,7, Bugangin, Kecamatan Kendal, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

5. River Walk Boja

Pengunjung bermain dengan kucing di River Walk, Kendal, Jawa Tengah, Minggu (22/7/2018). KOMPAS.com/SLAMET PRIYATIN Pengunjung bermain dengan kucing di River Walk, Kendal, Jawa Tengah, Minggu (22/7/2018).

Tempat wisata pamungkas ini merupakan obyek terbaru milik Kabupaten Kendal dengan sentuhan kawasan modern bertemakan wisata alam dan kuliner, sangat ramah untuk anak-anak.

Baca juga: Manten Tebu, Aset Wisata Baru di Kendal

River Walk Boja memiliki berbagai tempat wisata yang terintergasi diantaranya Cat City, Rabbit Island, Mini Water Park, dan taman burung.

Tiket masuk di destinasi wisata yang berlokasi di Jalan Veteran, Nagadibolo, Boja, Desa Ngadibolo, Kabupaten Kendal ini berkisar Rp 60.000 untuk satu orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com