BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan XL

Anti Stres saat Mudik dengan Mengunjungi Destinasi-destinasi Wisata Ini

Kompas.com - 31/05/2019, 11:17 WIB
Ilustrasi mudik bersama keluargaSHUTTERSTOCK Ilustrasi mudik bersama keluarga

KOMPAS.com – Mudik, salah satu tradisi yang rutin dilakukan masyarakat Indonesia menjelang Hari Raya Idul Fitri. Setiap tahunnya warga yang tinggal di kota-kota besar akan berbondong-bondong pulang ke kampung halamannya.

Dilansir dari Kompas.com, Selasa (9/4/2019), berdasarkan Survei Potensi Pemudik Angkutan Lebaran Tahun 2019 di wilayah Jabodetabek, Kementerian Perhubungan memprediksi sekitar 14,9 juta warga akan melakukan mudik Lebaran.

Sebanyak 30 persen pemudik akan menggunakan bus, pengguna mobil sebanyak 28,9 persen, dan 6,3 persen lainnya menggunakan sepeda motor. Dengan banyaknya jumlah pemudik itu, kemacetan di sejumlah titik sepanjang jalur mudik menjadi hal yang sulit dihindari.

Agar tidak stres karena terjebak macet selama perjalanan mudik, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Salah satunya dengan mengunjungi berbagai destinasi wisata di sepanjang jalur mudik.

Berikut Kompas.com telah merangkum beberapa destinasi wisata di sepanjang jalur mudik Pulau Jawa yang dapat dikunjungi bersama keluarga.

Wisata Kampoeng Ciherang, Sumedang

Berada di Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Wisata Kampoeng Ciherang bisa menjadi pilihan tempat untuk rehat dan istirahat sejenak di tengah alam yang sejuk.

Destinasi wisata yang telah dibuka sejak 2016 ini tak hanya untuk orang dewasa, mereka juga punya fasilitas yang ramah untuk anak-anak. Misalnya, wahana paparuhan (perahu karet), outbond anak, komedi putar hingga kolam renang.

Selain wahana permainan, tempat wisata ini juga menyediakan lokasi berkemah. Pengunjung hanya perlu membayar biaya kemah sekitar Rp 30.000 per orang untuk berkemah selama 24 jam. Disewakan pula berbagai perlengkapan kemah bagi yang tidak membawanya.

Wisata Guci, Tegal

Wisata Guci terkenal sebagai tempat pemandian air panas. Obyek wisata yang berada di Desa Guci, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal ini terletak di kaki Gunung Slamet dengan ketinggian sekitar 1.050 meter di atas permukaan laut.

Pemandian ini memiliki sumber air panas alami yang terbagi menjadi dua pemandian terbuka, yakni Pancuran 13 dan Pancuran 7. Tak jauh dari pemandian, terdapat air terjun yang bisa digunakan untuk berendam.

Selain itu, Wisata Guci pun dilengkapi berbagai wahana, seperti sepeda gantung dan kereta gantung yang membentang sepanjang 200 meter.

Kampung Batik Kauman, Solo

Kota Solo memiliki banyak pilihan wisata yang menarik. Salah satunya adalah Kampung Batik Kauman, yang menjadi pusat batik tertua di Solo.

Ilustrasi MembatikSHUTTERSTOCK Ilustrasi Membatik

Menurut sejarah, Kampung Batik Kauman dahulu merupakan pemukiman kaum abdi dalem Keraton Kasunanan yang mempertahankan tradisi membatik. Itu sebabnya, batik Kauman banyak menampilkan motif batik klasik sesuai pakem atau standar keraton.

Keunikan lain dari kampung batik ini adalah pengunjung dapat melihat proses produksi batik secara langsung serta belajar membatik dari para penjual.

Wisata Mangrove Wonorejo, Surabaya

Kawasan wisata ini merupakan salah satu hutan mangrove terbesar di Jawa Timur dengan luas area sekitar 800 hektar.

Untuk menjelajahinya, pengunjung memiliki 2 pilihan, yakni menyewa perahu atau berjalan kaki. Jika memilih berjalan kaki, Anda bisa menyusuri jogging track yang sudah disiapkan oleh pihak pengelola.

Tak hanya itu, wisata hutan mangrove ini juga dilengkapi dengan fasilitas lain, seperti kolam pancing, pendopo, kantin, dan beberapa spot foto. Salah satu spot foto favorit pengunjung adalah frame bambu yang ditata sedemikian rupa di pintu masuk hutan mangrove.

Masih ada banyak tempat-tempat wisata menarik di sepanjang jalur mudik yang bisa dikunjungi. Anda dapat dengan mudah mencari informasinya di internet menggunakan smartphone.

Tentunya, perjalanan mudik akan semakin menyenangkan jika tetap dapat terhubung dengan internet dan mengunggah foto-foto keseruannya ke media sosial. Jaringan data dari XL Axiata menawarkan kelebihan itu.

Dalam rangka Ramadhan dan mudik Lebaran, XL Axiata memperluas jaringan 4G LTE mereka lewat 50 MBTS dan 10.000 BTS baru di jalur mudik. Sepanjang jalur tol Trans Jawa maupun jalur kereta Jakarta-Surabaya telah terlayani sepenuhnya.

Untuk jalur non-tol Jawa, jaringannya sudah menjangkau sekitar 90-95 persen. Sementara itu, di jalur mudik Sumatera sudah 94 persen. Di Kalimantan telah mencapai 66 persen, tepatnya di Balikpapan dan Samarinda.

Dengan begitu, Anda bisa terus mencari informasi tempat wisata menarik lainnya dan juga mengunggah keseruan momen mudik ke media sosial dengan dukungan jaringan data terkuat dari XL Axiata.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE