Mepet Pesan Tiket Pesawat Mudik, Ini Tipsnya

Kompas.com - 31/05/2019, 18:07 WIB
Sejumlah pemudik dengan tujuan Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung berjalan menuju kapal laut KM Srikandi Line di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (30/5/2019). Puncak arus mudik di Pelabuhan Tanjung Priok dengan tujuan ke sejumlah kota di Pulau Jawa, Kalimantan dan Sumatera diprediksi akan terus bertambah hingga 1 Juni 2019.ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI Sejumlah pemudik dengan tujuan Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung berjalan menuju kapal laut KM Srikandi Line di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (30/5/2019). Puncak arus mudik di Pelabuhan Tanjung Priok dengan tujuan ke sejumlah kota di Pulau Jawa, Kalimantan dan Sumatera diprediksi akan terus bertambah hingga 1 Juni 2019.

JAKARTA, KOMPAS.com - Merencanakan mudik di waktu mepet bukan hal mustahil, tetapi harus ada langkah khusus untuk mendapatkan tiket. Chief Marketing Officer dari Tiket.com, Gaery Undarsa memberi kiat untuk memesan tiket pesawat di saat mepet. Berikut kiatnya:

1. Hindari pergi akhir pekan

Pada masa-masa last minute booking menjelang Lebaran, harga tiket pesawat sudah dipastikan akan melonjak. Gaery menyarankan agar menghindari pergi pada akhir pekan.

"Harga pasti lebih mahal kalau weekend. Hari Minggu atau Senin, itu pasti harganya dua kali lipat," ujar Gaery.

2. Berangkat dari Jakarta

Menurut Gaery, bila tinggal di ibu kota, memilih pergi dari Bandara Soekarno-Hatta bisa lebih murah dibandingkan pergi di bandara lain seperti Halim Perdanakusuma atau Husein Sastranegara. Hal itu lantaran banyak penerbangan yang dilayani dari Bandara Soekarno-Hatta.

"Pergi dari Jakarta itu lebih murah karena pesawat lebih banyak. Ada persaingan antar-maskapai jadi lebih murah. Kalau niat banget sih bisa pergi ke Bandung dulu atau pergi ke Halim," tambahnya.

3. Lupakan waktu pemesanan

Meski sudah last minute booking, masa pemesanan baik pagi atau malam tak berpengaruh. Pasalnya, pemesanan tiket pesawat last minute hanya tergantung pada ketersediaan tiket pesawat.

4. Manfaatkan aplikasi pemesanan

Biasanya travel agent punya aplikasi pemesanan tiket pesawat. Gaery mengatakan pemesanan tiket pesawat last minute lebih disarankan menggunakan aplikasi.

"Harus aplikasi. Itu punya peluang harga tiket murah yang lebih tinggi. Dari sisi online travel agent lebih prefer pesan lewat aplikasi," tambah Gaery.

Selain itu lewat aplikasi, pemesanan tiket pesawat diklaim lebih cepat dibandingkan dengan via desktop. Pasalnya, proses loading data di website dianggap lebih berat dibandingkan aplikasi.

"Kalau lewat desktop itu mesti loading semua. Kalau aplikasi itu cuma data pemesanan saja yang diunduh," jelasnya.

5. Pesan tiket secara terpisah

Bila ingin memesan tiket secara rombongan, lebih baik dibeli secara terpisah. Hal itu bisa memberikan kesempatan untuk mendapatkan tiket dengan harga lebih murah.

"Misalnya booking enam tiket, jadi beli tiga-tiga," kata Gaery.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

Close Ads X