Share this page

Pulang Kampung ke Samarinda, Jangan Lupa Oleh-olehnya

Kompas.com - 1/Jun/2019 , 04:09 WIB

Pulang Kampung ke Samarinda, Jangan Lupa Oleh-olehnya

KOMPAS.com – Salah stau hal yang paling berkesan saat mudik adalah pulang membawa buah tangan alias oleh-oleh. Nah, bagi Sobat Pesona yang kebetulan pulang kampung ke Samarinda, jangan sampai ketinggalan.

Sebab, di sana ada banyak ragam oleh-oleh yang bisa didapatkan.

Pusat oleh-oleh Samarinda ada di komplek perbelanjaan Citra Niaga.

Tempat tersebut menyediakan berbagai barang, kerajinan, dan cinderamata khas Kalimantan Timur. Menariknya, hampir semua buatan tangan bercorak etnik Kalimantan Timur.

Buka sampai malam

Meluangkan waktu untuk ke Citra Niaga tak perlu melihat jam. Sebab, faktanya, tempat ini buka sampai malam.

Jadi, yang perlu direncanakan adalah jenis oleh-oleh apa yang mau dibeli. Mulai dari tas anyaman rotan, manik-manik dayak yang cantik, kain unik berbahan dasar kulit kayu, sampai segala macam aksesori tersedia di sana.

Oleh-oleh yang paling laris biasanya aksesori. Ini saja ada banyak jenisnya. Antara lain, kalun, gelang, ikat kepala, hingga kain dan pakaian dengan ciri khas Kalimantan Timur.

Citra Niaga, komplek pusat perbelanjaan oleh-oleh di Samarinda.https://pesona.travel Citra Niaga, komplek pusat perbelanjaan oleh-oleh di Samarinda.

Selain kerajinan tangan, pasar Citra Niaga juga menyediakan berbagai produk kuliner khas Kalimantan. Berbagai macam oleh-oleh dan makanan khas seperti Amplang Kuku Macan, berbagai jenis dodol khas Samarinda seperti dodol cempedak, nangk,  dan lain-lain bias ditemukan di sana.

Hla terpenting yang perlu disiapkan sebelum ke sana adalah anggaran. Hati-hati, ragam cinderamatanya bisa bikin boros. Selamat berburu oleh-oleh!

Baca artikel menarik tentang Samarinda berikut ini:

Nasi Kuning Samarinda, Menu Sarapan 24 Jam

Ayam Cincane, Ayam Bakar Khas Samarinda

Tenun Samarinda, Sarung Sutra Perantau Bugis


Baca hal menarik lainnya mengenai ragam destinasi di Indonesia. Temukan informasinya di Pesona Indonesia.

KOMENTAR

Lihat Keajaiban Lainnya