Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Lebaran 2019, Candi Gedong Songo Diprediksi Ramai Wisatawan

Kompas.com - 01/06/2019, 14:04 WIB
Sherly Puspita,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Bupati Kabupaten Semarang Mundjirin memprediksi Candi Gedong Songo akan menjadi destinasi wisata di Semarang yang paling banyak dikunjungi wisatawan pada periode Lebaran tahun ini.

Ia mengatakan, lokasi Candi Gedong Songo yang strategis menjadi salah satu faktor hingga muncul prediksi tersebut.

"Kalau dari jalan tol (Candi Gedong Songo) dekat juga. Lewatnya exit tol Bawen masuk ke Bandungan lewat Ambarawa. Itu kira-kira sekitar tujuh sampai 10 kilometer," ujar Mundjirin saat ditemui Tim Merapah Trans Jawa 4 Kompas.com di Semarang, Jumat (31/5/2019).

Adapun Candi Gedong Songo berlokasi di Desa Krajan, Candi, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah.

Selain letaknya yang strategis, lanjutnya, dari tahun ke tahun fasilitas publik di destinasi wisata ini terus diperbaiki sehingga diharapkan akan semakin nyaman dikunjungi wisatawan.

"Kami perbaiki dari tahun ke tahun mudah-mudahan, silahkan saja ke sana, namun memang harus hati-hati karena ada jalur yang sempit," lanjut Mundjirin.

Menurut Mundjirin, wisatawan tak hanya dapat melihat bangunan candi yang menarik, melainkan juga dapat mengunjungi sumber mata air panas Umbul Sido Mukti ya g lokasinya tak jauh dari kawasan candi.

"Juga nanti wisatawan lihat ada yang baru itu di Muncul, itu ada wisata baru namanya Water Park yang juga bisa dinikmati," tuturnya.

Dalam mudik tahun ini, tambah Mundjirin, masyarakat sekitar obyek wisata unggulan Semarang ini bahu membahu untuk menghadirkan fasilitas yang lebih baik untuk para wisatawan.

"Contohnya soal area parkir. Masyarakat setempat khususnya karang tarunanya menyediakan area parkir yang cukup luas. Semoga ini membantu kenyamanan para wisatawan juga," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com