5 Aktivitas Menarik yang Bisa Kamu Lakukan saat Mudik ke Solo

Kompas.com - 03/06/2019, 12:17 WIB
Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat di Kota Solo. Kompas.com/Anggara Wikan PrasetyaKeraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat di Kota Solo.

SURAKARTA, KOMPAS.com Kota Solo merupakan tujuan mudik bagi sebagian masyarakat Indonesia. Selain itu, "Kota Bengawan" ini juga kerap menjadi persinggahan pemudik yang akan kembali pulang ke daerahnya.

Bagi kamu yang mudik ke Solo dan sekitarnya atau sekadar lewat, ada beberapa agenda yang khusus diselenggarakan pada momen Idul Fitri serta aktivitas yang hanya bisa dilakukan di kota ini.

Apa saja aktivitas menarik yang bisa dilakukan saat mudik ke Solo? Simak 5 tips berikut ini:

1. Menjajal Transportasi Unik

Kota Solo memiliki sarana transportasi unik yang tidak ada di kota-kota lain di Indonesia. Transportasi unik itu adalah Railbus Batara Kresna dan Sepur Kluthuk atau kereta uap kuno bernama Jaladara.

Salah satu transportasi unik di Kota Solo, Railbus Batara Kresna.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Salah satu transportasi unik di Kota Solo, Railbus Batara Kresna.
Railbus Batara Kresna merupakan sarana transportasi umum dengan tujuan Solo-Wonogiri. Railbus ini beroperasi setiap hari dengan tarif hanya Rp 4.000 saja.

Stasiun pemberhentiannya adalah Solo Kota, Sukoharjo, Pasar Nguter, dan Wonogiri.

Sementara itu, Sepur Kluthuk Jaladara adalah kereta wisata. Kereta kuno ini akan beroperasi saat ada yang menyewanya.

Namun pada tanggal 6, 7, dan 8 Juni 2019 kereta akan beroperasi dua kali sehari pukul 10.30 dan 14.00 WIB.

Kereta Uap Kuno atau sepur Kluthuk Jaladara.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Kereta Uap Kuno atau sepur Kluthuk Jaladara.
Jika kamu ingin naik Sepur Kluthuk Jaladara, cukup siapkan bujet sebesar Rp 190.000 dan pesan tiketnya di Kantor Sinergi Event atau dengan menghubungi 0812-2854-6638.

2. Nonton Pertunjukan Gratis Sendratari Ramayana

Momen Hari Raya Idul Fitri 2019 di Kota Solo semakin meriah dengan adanya pementasan Sendratari Ramayana yang akan diadakan pada tanggal 7-9 Juni 2019 di Panggung Terbuka Benteng Vastenburg.

Pertunjukan Sendratari Ramayana di Benteng Vastenburg, Kota Solo.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Pertunjukan Sendratari Ramayana di Benteng Vastenburg, Kota Solo.
Ramayana menceritakan perjuangan Ramawijaya merebut istrinya, Shinta yang diculik oleh raksasa bernama Rahwana. Dalam perjuangannya, Ramawijaya dibantu oleh pasukan kera dengan panglimanya seekor monyet putih yang sakti bernama Anoman.

Pada momen lebaran 2019 ini Sendratari Ramayana di Benteng Vastenburg akan mengambil potongan adegan Shinta Obong.

Kamu bisa menonton pementasan ini secara gratis. Langsung saja datang ke venue acara yang mulai open gate pukul 17.00 WIB.

3. Berburu Kuliner Legendaris di Pasar Gede

Pasar Gede merupakan ikon Kota Surakarta. Inilah salah satu pasar terbesar yang ada di Kota Bengawan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X