Kompas.com - 03/06/2019, 16:10 WIB
Produk cokelat asal Garut, Chocodot. KOMPAS.com/SILVITA AGMASARIProduk cokelat asal Garut, Chocodot.

GARUT, KOMPAS.com - Pemilik PT Tama Cokelat Indonesia sebagai produsen produk makanan cokelat ternama Chocodot, Kiki Gumelar bertutur soal Ibu Negara periode 2004-2014 Ani Yudhoyono.

Kiki menuturkan, Ibu Ani pernah memborong banyak produk Chocodot dan produk Usaha Kecil Menengah (UKM) lainnya di Kabupaten Garut, Jawa Barat, karena senang dengan produk UKM tersebut.

"Dulu Ibu Ani saat datang ke Garut sempat memborong Chocodot, bahkan produk UKM lainnya, beliau borong," kata Kiki di Garut, Minggu (2/6/2019), saat ditemui wartawan terkait pengalamannya bertemu langsung dengan Ibu Ani Yudhoyono.

Baca juga: Olah 30 Ton Cokelat per Bulan, Ini Kunci Sukses Chocodot dari Garut

Ia menuturkan, Ibu Ani berkunjung ke Garut bersama suaminya Presiden Indonesia keenam Susilo Bambang Yudhoyono dan kedua anaknya beserta rombongan dalam rangka Tour de Java November 2018.

Ibu Ani, menurut Kiki, banyak memborong produk Chocodot sebagai produk dodol dan cokelat yang kemasannya menarik atau tradisional.

Direktur PT Tama Cokelat Indonesia, Kiki Gumelar saat melakukan launching produk kedodolan, Rabu (22/5/2019), di Goah Gumelar di kawasan Swiss Van Java. KOMPAS.com/ARI MAULANA Direktur PT Tama Cokelat Indonesia, Kiki Gumelar saat melakukan launching produk kedodolan, Rabu (22/5/2019), di Goah Gumelar di kawasan Swiss Van Java.
"Kebanyakan membelinya kemasan besek (kemasan dari anyaman bambu) yang unik, yang warna-warni," katanya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Ini 10 Destinasi Wisata dan Kuliner di Garut Rekomendasi Kemenpar

Perempuan berkarismatik itu, lanjut Kiki, senang menemui masyarakat terutama para pelaku UKM salah satunya yang ada di Kabupaten Garut, kemudian memberi motivasi agar terus bersemangat mengembangkan usahanya.

"Beliau saat itu nanya perkembangan UKM di Garut, dia tidak bilang fokus ke Garut tapi ke Jawa Barat yang banyak potensi UKM," katanya.

Baca juga: Meniru Cara Jokowi dan Charlie Chaplin, Menuju Garut dengan Kereta Api

Kiki mengungkapkan, saat kunjungannya ke Garut, PT Chocodot sempat membuat cokelat yang kemasannya foto berdampingan SBY dan Ani Yudhoyono.

Respon, kata Kiki, Ibu Ani sempat terkejut kemudian mengambilnya. Namun cokelat kemasan istimewa itu tidak diperjualbelikan hanya untuk menyambut kunjungan Ibu Negara dan SBY.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X