Mengenang Ani Yudhoyono, Ini Wisata di Kampung Halaman Purworejo

Kompas.com - 03/06/2019, 18:41 WIB
Seorang anak sedang salto di kolam alami Taman Sidandang, Purworejo. Kompas.com/Anggara Wikan PrasetyaSeorang anak sedang salto di kolam alami Taman Sidandang, Purworejo.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ani Yudhoyono lahir di Yogyakarta, 6 Juli 1952. Namun sang ayah, Sarwo Edhie Wibowo sejatinya berasal dari Purworejo. Saat bertugas, Sarwo Edhie Wibowo ditempatkan di Batalyon Kresna Yogyakarta.

Kabupaten Purworejo berjarak 70 kilometer dari Yogyakarta. Tak kalah menarik dari Yogyakarta, ada banyak destinasi yang layak untuk dikunjungi. Berikut adalah rangkuman destinasi wisata di Puworejo:

1. Curug Benowo

Curug Benowo berlokasi di Desa Benowo, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Dari Kota Purworejo ditempuh sekitar satu jam perjalanan, juga dari Kulon Progo, Yogyakarta.

Baca juga: Sejuk dan Segar, Inilah Surga Pemandian Alami di Purworejo

Air terjun ini dikelilingi taman bunga, anjungan foto, dan fasilitas untuk wisatawan yang dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dari warga setempat.

Curug Benowo, merupakan curug terbesar di Desa Wisata Benowo. Suasananya asri, bersih, dan jauh dari bising perkotaan, juga terdapat fasilitas seperti parkiran, kamar mandi, dan pendopo saat dikunjungi, Kamis (16/2/2017). KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Curug Benowo, merupakan curug terbesar di Desa Wisata Benowo. Suasananya asri, bersih, dan jauh dari bising perkotaan, juga terdapat fasilitas seperti parkiran, kamar mandi, dan pendopo saat dikunjungi, Kamis (16/2/2017).
2. Taman Sidandang

Destinasi wisata ini terletak di Desa Wisata Kaligono, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Jika dari Yogyakarta, jarak tempuhnya sekitar 35 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih satu jam. Sementara jika ditempuh dari Purworejo, jarak tempuhnya kurang-lebih 13 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 20 menit.

Sumber air Taman Sidandang berasal dari Pergunungan Menoreh yang membentang di antara Purworejo dan Jawa Tengah. Suara aliran air mengalir akan langsung menyambut dengan merdu begitu sampai di pintu masuk.

Jika ingin aktivitas yang lebih menantang, maka pengelola menyediakan fasilitas susur sungai. Pengunjung akan menyusuri sungai, termasuk mendaki air terjun dengan menggunakan tali dan peralatan pengaman lain, dipandu oleh pemandu.

Mercusuar Pantai Jetis, di Kabupaten Purworejo Jawa Tengah, salah satu destiansi wisata yang bisa disambangi, Senin 911/6/2018).Hilda B Alexander/Kompas.com Mercusuar Pantai Jetis, di Kabupaten Purworejo Jawa Tengah, salah satu destiansi wisata yang bisa disambangi, Senin 911/6/2018).

3. Mercusuar di Pantai Ketawang

Mercusuar peninggalan zaman Belanda ini menjadi daya tarik tersendiri. Lokasinya berada dekat Pantai Ketawang, dari puncaknya dapat melihat ke laut dan sawah. Uniknya mercusuar ini sering menjadi lokasi syuting video klip. 

4. Puncak Khayangan Sigendol

Mirip Bukit Punguk Kediwung di Yogyakarta, dari ketinggian Puncak Khayangan Sigendol wisatawan dapat berfoto di anjungan yang telah tersedia.

Anjungan nan fotogenic ini menampilkan pemandangan lembah hijau yang indah. Lokasi Puncak Khayangan Sigendol berada di Giyombong.

5. Curug Lumbung

Terkenal akan bentuk tebing batu yang terpahat alami dari aliran air. Curug ini berada di Desa Karangsari, Kecamatan Bener. Curug Lumbung terkenal di kalangan pemburu foto Instagram. Untuk menuju curug ini wisatawan akan melewati desa dengan pemandangan yang indah.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X