Share this page

Berkenalan dengan Songgon, Kawasan Menantang untuk Bersepeda

Kompas.com - 3/Jun/2019 , 22:31 WIB

Berkenalan dengan Songgon, Kawasan Menantang untuk Bersepeda

KOMPAS.com - Banyuwangi menyimpan potensi wisata alam yang sangat lengkap, baik pantai, bawah laut, maupun pengunungan.

Ada satu kawasan menjadi salah satu tempat untuk finish International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI), Songgon menjadi daerah baru sebagai destinasi wisata alam dan bersepeda yang dikenalkan oleh Pemkab Banyuwangi.

Kecamatan Songgon terletak di dataran tinggi sehingga suhunya cukup dingin namun udaranya bersih. Pemandangannya, jangan ditanya.

Lokasinya tepat berada di kaki gunung Raung, dengan hamparan teras-teras sawah yang berhawa sejuk. Menggenjot sepeda, bahkan saat mendaki di tempat ini akan terasa menyenangkan.

Petualangan dan Alam Desa

Songgon merupakan surga pencinta petualangan dan sepeda. Bagi penggemar olahraga sepeda gunung (MTB), Songgon mempunyai rute yang cukup menantang.

Rute yang ada cukup lengkap mulai jalan datar, tanjakan, turunan, dan bahkan sungai karena beberapa rute memang dirancang untuk melewati air.

Dimulai dari menelusuri hutan pinus yang masuk wilayah KPH Banyuwangi Barat, selanjutnya wisatawan akan dihadapkan pada rute menantang yang melewati sungai. Tanjakannya cukup menguras tenaga, namun akan terbayarkan begitu berada di tengah persawahan terasering yang terhampar di kaki Gunung Raung.

Sambil beristirahat melepas lelah, air yang membasahi tenggorokan akan terasa makin nikmat sambil memandangi indahnya Gunung Raung, persawahan yang terbentang hijau dengan teraseringnya, juga aktivitas petani membajak sawah dengan kerbau.

Benar-benar pengalaman berpetualang ke alam pedesaan yang luar biasa.

Untuk mencapai lokasi diperlukan waktu sekitar dua jam dari pusat kota Banyuwangi. Bagi yang ingin menginap, di komplek hutan pinus tersedia camping ground dan pondok-pondok yang disewakan oleh Perhutani.

Sarana air bersih dan MCK, musholah, dan warung makanan juga tersedia di tempat ini.

Baca juga artikel seru lainnya tentang Jawa Timur berikut ini:

Pecel Kuah Rawon, Sepiring Dua Rasa Jawa Timur

Pantai Teluk Asmara, Malang Rasa Raja Ampat

Pantai Batu Bengkung, Cocok Untuk Para Penikmat Senja di Malang

Indonesia masih punya banyak destinasi wisata lain yang sayang untuk dilewatkan. Cari informasinya dalam Pesona Indonesia

KOMENTAR

Lihat Keajaiban Lainnya