Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ani Yudhoyono Hobi Mengabadikan Keindahan Gunung Indonesia

Kompas.com - 04/06/2019, 18:30 WIB
Silvita Agmasari,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ani Yudhoyono merupakan sosok perempuan aktif dengan banyak hobi. Satu hobi yang terus bertahan sedari ia muda adalah fotografi. Ani juga gemar berbagai hasil fotografi lewat media sosial Instagram.

Tak lupa pada setiap unggahan foto Ani bercerita mengenai kisah fotonya tersebut. Jika diperhatikan selain foto keluarga, Ani rupanya juga gemar memotret flora, fauna, serta keindahan alam Indonesia.

Foto gunung dan daerah pegunungan Indonesia banyak diabadikan oleh Ibu Negara RI ke enam ini.

"20 tahun lalu pak SBY dan saya pernah mendaki sampai ke puncak Gunung Lawu. Sayang fotonya belum ketemu. Tanggal 25 Oktober 2018 kembali kami singgah ke tempat itu, namun hanya di kaki gunung saja tidak sampai ke puncak," katanya.

"Saya dan pak SBY menyempatkan diri untuk berfoto bersama, sambil menikmati sejuknya hawa, rindangnya pepohonnan, manisnya buah strawberry, sambil berbincang-bincang dengan para AGL (Anak Gunung Lawu, pecinta alam) dan komunitas Amuba (kelompok anak muda yang ingin mengembangkan entrepreneurship dan ekonomi Indonesia)," tulis Ani di akun Instagram pribadinya 26 Oktober 2018.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Indonesia dianugerahi jajaran gunung yang mempesona di berbagai daerah. Tidak heran karena Indonesia memang terletak di Ring of Fire. Sebagian gunung ada yang bestatus istirahat, namun tidak sedikit juga gunung-gunung itu berapi, berkekuatan dahsyat dan bisa meletus setiap saat, seperti Gunung Anak Krakatau beberapa hari yang lalu. Kita wajib bersyukur atas keindahannya, mengenali serta bersiap jauh-jauh hari sebelum bencana terjadi, serta selalu berdoa untuk keselamatan kita kepada Tuhan YME. Alhamdulillah saya bisa mengabadikan sebagian gunung-gunung yang ada di Indonesia selama menjadi Ibu Negara. Saya share untuk teman-teman semua. Salam hangat. #mountainphotography #exploreindonesia Photo by Ani Yudhoyono.

A post shared by Ani Yudhoyono (@aniyudhoyono) on Dec 27, 2018 at 5:01pm PST

Ani duduk sambil merangkul SBY. Keduanya tampak tersenyum di foto berlatar hutan Gunung Lawu. Dalam perjalanan itu Ani juga menyempatkan diri berkunjung ke daerah pertanian di Tawangmangu. Di setiap perjalanannya ia memotret daerah pegunungan dan berbincang dengan petani setempat.

Pada unggahan 28 Desember 2018, Ani kembali mengunggah video kompilasi gunung Indonesia yang telah ia potret dari tahun ke tahun.

Ada begitu banyak foto gunungan mulai dari Gunung Lawu, Gunung Bromo, Gunung Semeru, Gunung Arjuno, Gunung Merapi, Gunung Seulawah, Gunung Slamet, Gunung Salak, Gunung Tangkuban Perahu, Gunung Guntur, Gunung Rinjani, Gunung Agung, Gunung Ciremai, Gunung Gede Pangrango, Gunung Sindoro dan Sumbing.

Foto tersebut diambil Ani dari berbagai sudut ketinggian. Ada dari foto udara dan di kaki gunung, menunjukkan keindahan gunung-gunung di Indonesia. Hobi fotografi Ani membuatnya tak segan untuk memboyong tripod maupun lensa kamera tele yang berukuran besar.

Dari foto-foto tersebut Ani juga berkontribusi untuk pembuatan buku 3.500 Plant Species of Botanic Gardens of Indonesia yang diterbitkan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Ani kini telah tiada, tetapi hasil jepretannya tetap abadi. Mengingatkan orang lain akan keindahan dan kekayaan alam Indonesia serta semangat untuk terus menjalani hobi sampai usia yang tak lagi muda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com