Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Gunung Ini, Kamu Bisa ke Puncak Cuma Naik Motor...

Kompas.com - 05/06/2019, 16:03 WIB
Anggara Wikan Prasetya,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

MAGELANG, KOMPAS.com – Menuju puncak gunung biasanya identik dengan aktivitas berat yang melelahkan dan menguras fisik. Hanya mereka dengan fisik yang kuat-lah yang bisa mencapai puncak gunung.

Beberapa gunung favorit pendakian seperti Merbabu dan Lawu membutuhkan waktu sekitar enam sampai delapan jam bagi pendaki untuk bisa mencapai puncaknya dengan jalan kaki. Tentu hal ini membuat seseorang harus rajin berolah raga sebelum mulai mendaki.

Baca juga: Mendaki Gunung Andong yang Ramai seperti Pasar di Akhir Pekan

Namun bagi kamu yang tidak ingin melakukan aktivitas fisik untuk mendaki, mencapai puncak gunung bukanlah hal yang mustahil. Ada satu gunung di Provinsi Jawa Tengah yang puncaknya bahkan bisa dijangkau tanpa aktivitas fisik sama sekali.

Gunung itu adalah Telomoyo yang memiliki ketinggian 1.894 meter di atas permukaan laut (mdpl). Gunung ini berada di perbatasan Kabupaten Magelang dan Semarang. Rute ke puncak salah satunya adalah dari Desa Pandean, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang.

Naik motor ke puncak gunung

Gunung Telomoyo memang lebih tinggi dari Gunung Andong dengan ketinggian 1.463 mdpl yang menjadi favorit pendaki. Namun, perjalanan ke puncak Gunung Telomoyo bisa dilakukan tanpa menguras fisik.

Bukan karena adanya kereta gantung atau tangga berjalan, menuju puncak gunung setinggi 1.894 mdpl itu ternyata bisa dilakukan dengan mengendarai sepeda motor. Ada akses jalan yang bisa kamu tempuh untuk mencapai puncaknya.

Jika ingin mencapai Puncak Gunung Telomoyo menggunakan sepeda motor, perjalanan bisa dimulai dari lokasi bernama Area Parkir Wisata G. Telomoyo yang bisa ditemukan pada aplikasi Google Maps.

Baca juga: Indahnya Sabana dan Dataran Tinggi Dieng dari Gunung Prau

Dari area parkir, kamu harus membayar Rp 10.000 meneruskan perjalanan menuju puncak. Sebelum meneruskan perjalanan, kamu bisa bersantai terlebih dahulu di area parkir yang fasilitasnya sudah cukup lengkap mulai dari saung, mushalla, dan toilet.

Menerjang jalan penuh lubang

Meski bisa dijangkau dengan sepeda motor, menuju Puncak Gunung Telomoyo bukanlah perjalanan yang mulus. Kondisi jalan menuju puncak sudah cukup rusak dan penuh dengan lubang.

Kendaraan hanya bisa melaju dengan pelan. Di beberapa titik, kecepatan motor mungkin hanyalah di bawah lima kilometer per jam saking rusaknya jalan. Selain itu, pengemudi juga harus berhati-hati agar tidak sampai kehilangan keseimbangan dan terjatuh.

Ilustrasi jalan rusak.Shanghaiist Ilustrasi jalan rusak.
Untungnya tak ada tanjakan terjal yang harus dilewati saat berkendara menuju puncak Gunung Telomoyo. Kondisi jalan itu bisa dilalui oleh banyak jenis motor mulai dari trail hingga bebek. Bahkan motor matic pun bisa sampai ke puncak.

Khusus bagi motor matic, pengendara harus pintar untuk memilih bagian jalan yang tidak terlalu rusak. Hal itu karena matic cukup ceper sehingga bagian bawah kendaraan rawan tergores ketika melalui lubang yang terlalu dalam.

Kantor dan menara repeater

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com