Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kuliner Khas yang Wajib Kamu Coba saat Mampir di Cirebon

Kompas.com - 07/06/2019, 15:46 WIB
Sherly Puspita,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

KOMPAS.com –  Hari ini sebagian masyarakat Indonesia masih menikmati sisa libur lebaran, mungkin salah satunya Anda. Untuk mengisi sisa libur lebaran, wisata kuliner bisa jadi salah satu pilihan kegiatan yang menarik.

Bagi kamu yang tengah berada di Cirebon, banyak makanan khas yang wajib dicoba. Berikut rekomendasi dari KompasTravel.

1.  Empal Gentong

Empal gentong menjadi salah satu masakan khas Cirebon yang paling populer. Makanan ini mirip dengan gulai dan dimasak menggunakan kayu bakar di dalam entong. Daging yang digunakan adalah usus, babat, dan daging sapi.

Di Cirebon kamu dapat dengan mudah menjumpai warung makan yang menjajakan empal gentong. Salah satunya di warung Mang Darma yang terletak di Jalan Slamet Riyadi nomor 1, Cirebon.

Berbeda dengan empal gentong, hidangan ini disebut empal asem, yang juga merupakan kuliner khas Cirebon, di Sate Kambing Muda Haji Apud.KOMPAS.COM/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Berbeda dengan empal gentong, hidangan ini disebut empal asem, yang juga merupakan kuliner khas Cirebon, di Sate Kambing Muda Haji Apud.

2.  Empal Asem

Jika Empal Gentong identik dengan menu masakan bersantan, maka empal asam merupakan pilihan menu empal tanpa santan yang bercita rasa segar.

Isian utama dalam menu ini adalah daging sapi, walaupun kamu dapat juga memilih isi babat, usus dan kikil.

Sesuai dengan namanya, empal asam ini begitu segar saat kuahnya disruput. Namun, asam yang terasa cenderung ringan tidak seperti sayur asam.

Mungkin ini karena asam yang dihasilkan dari belimbing wuluh, bukan asam jawa, juga rempah yang tetap membalut rasanya.

Nasi Lengko, Kuliner Bernilai Gizi Tinggi yang Lezat.Indonesiakaya/Riky Nasi Lengko, Kuliner Bernilai Gizi Tinggi yang Lezat.

3.  Nasi Lengko

Menu Nasi Lengko terdiri dari nasi putih, tempe goreng, tahu goreng, mentimun mentah segar dan dicacah, tauge rebus, daun kucai, bawang goreng, bumbu kacang, dan kecap manis.

Kamu dapat menemukan menu ini di Kedai Nasi Lengko Pagongan H. Barno yang terletak di Jalan Pagongan nomor 15 B, Cirebon.

4.  Nasi Jamblang

Nama Jamblang berasal dari nama daerah di sebelah barat kota Cirebon tempat asal pedagang makanan tersebut. Ciri khas makanan ini adalah penggunaan daun jati sebagai bungkus nasi. Sedangkan penyajian makanannya menggunakan sistem prasmanan.

Untuk menikmati nasi jamblang, kamu dapat mengunjungi kedai Nasi Jamblang Ibu Nur yang terletak di Jalan Cengkaring nomor 45.

Kuah Mi Koclok ini putih kental, sangat asyik dihirup hangat-hangat di malam hari. Isinya pun mengundang selera, terdiri dari potongan telur rebus, ayam suwir, dan irisan toge, kol, serta daun bawang.
SUTIONO GUNADI/KOMPASIANA Kuah Mi Koclok ini putih kental, sangat asyik dihirup hangat-hangat di malam hari. Isinya pun mengundang selera, terdiri dari potongan telur rebus, ayam suwir, dan irisan toge, kol, serta daun bawang.

5.  Mi Koclok

Beberapa daerah di Indonesia memiliki sajian khas berbahan dasar mi. Namun berbeda dengan sajian mi di daerah lain, kuah mi koclok ini berwarna  putih kental yang sangat nikmat disantap hangat-hangat di malam hari. Warna putih ini berasal dari campuran santan dan tepung maizena.

Tak hanya kuahnya, isian mi koclok pun mengundang selera, terdiri dari potongan telur rebus, ayam suwir, dan irisan toge, kol, serta daun bawang.

Jadi, jangan bingung lagi kalau kamu berwisata kuliner di Cirebon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com