Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Oleh-oleh Khas Purwakarta yang Tak Boleh Kamu Lewatkan

Kompas.com - Diperbarui 08/09/2021, 20:21 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F.,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada begitu banyak pilihan oleh-oleh khas Purwakarta, Jawa Barat. Jika kamu berkunjung ke Purwakarta, jangan lupa membeli aneka oleh-oleh khas Purwakarta.

Baca juga: Cek Itinerary Liburan Seru Sehari di Purwakarta

Kamu bisa mendatangi Galeri Menong, sentra oleh-oleh Purwakarta yang berlokasi di Jl. Veteran No. 134, Ciseureuh, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta. Ada banyak produk dari berbagai UMKM yang dijual di toko ini.

Pilihannya mulai dari aneka camilan, suvenir, kain, kerajinan tanah liat, hingga baju. Berikut beberapa pilihan oleh-oleh khas yang bisa kamu beli.

1. Semprong

Purwakarta terkenal dengan semprong dan simping. Beda dengan simping, semprong berbentuk tabung panjang. Teksturnya garing dengan rasa yang gurih atau manis.

Simping khas PurwakartaKompas.com/Ni Luh Made Pertiwi F. Simping khas Purwakarta
2. Simping

Renyah saat dimakan, simping merupakan camilan khas Purwakarta. Bahan pembuatan simping adalah menggunakan tepung terigu, bumbu, dan perasa.

Bentuknya pipih, bulat, dan tipis. Rasa simping umumnya gurih, tetapi kerap juga diberi isian gulali. Kini simping hadir dengan varian rasa yang beragam seperti keju, cabai, dan kelapa. Namun rasa asli simping adalah rasa kencur.

3. Rengginang

Rengginang merupakan camilan renyah lainnya yang juga menjadi khas Purwakarta. Rengginang memang mudah ditemukan di daerah-daerah selain Purwakarta.

Bahan pembuatan yaitu nasi dan garam yang dijemur dalam terik matahari, lalu dicetak dan digoreng. Namun di Purwakarta, rengginang hadir dalam bentuk kekinian dengan rasa beragam dan warna-warni.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com