5 Benda di Hotel yang Dimodifikasi Menjadi Ramah Lingkungan

Kompas.com - 08/06/2019, 16:26 WIB
Sikat kayu ramah lingkungan yang disediakan sejumlah hotel.Kompas.com/SHERLY PUSPITA Sikat kayu ramah lingkungan yang disediakan sejumlah hotel.

KOMPAS.com - Kampanye menggunakan benda-benda berbahan ramah lingkungan telah didengungkan berbagai pihak, salah satunya hotel.

Beberapa hotel yang disinggahi Tim Merapah Trans Jawa 4 Kompas.com baru-baru ini telah memodifikasi benda-benda kelengkapan hotel yang sedianya terbuat dari plastik.

Berikut KompasTravel merangkum 5 benda di berbagai hotel yang telah diganti menjadi barang-barang berbahan ramah lingkungan.

1. Sikat kayu

Jika pada umumnya sikat menggunakan gagang berbahan plastik, beberapa hotel telah menggunakan sikat dengan gagang berbahan dasar kayu. Bentuk dan cara penggunaannya tak berbeda dengan sikat gigi pada umumnya.

Penggunaan sikat dengan gagang kayu ini diharapkan dapat berdampak positif bagi lingkungan.

Kemasan kopi hingga teh yang terbuat dari bahan ramah lingkungan.Kompas.com/SHERLY PUSPITA Kemasan kopi hingga teh yang terbuat dari bahan ramah lingkungan.
2. Serba kertas

Jika sebelumnya hotel-hotel menggunakan plastik sebagai pembungkus peralatan mandi hingga gula dan kopi, kini bungkus plastik tersebut diganti dengan bahan kertas.

Meski terbuat dari kertas, kemasan-kemasan tersebut didesain sedemikian rupa sehingga tetap tampak menarik.

Sejumlah hotel kini mengganti botol plastik menjadi teko untuk menampung air minum tamu.Kompas.com/SHERLY PUSPITA Sejumlah hotel kini mengganti botol plastik menjadi teko untuk menampung air minum tamu.
3. Teko air

Jika sebelumnya pihak hotel menyediakan air minum dalam kemasan botol plastik, kini sebagian hotel telah menggantinya dengan teko kaca.

Selain itu, ada juga hotel yang mulai menyediakan dispenser lengkap dengan galon berisi air minum yang diletakkan di lorong-lorong hotel.

Tamu dapat mengisi ulang teko-teko kaca dengan air minum.

Hanger kayu yang disediakan hotel untuk mengganti hanger plastik.Kompas.com/SHERLY PUSPITA Hanger kayu yang disediakan hotel untuk mengganti hanger plastik.
4. Hanger kayu

Sebelumnya, hanger atau penggantung pakaian di kamar-kamar hotel dibuat dari bahan plastik. Namun kini pihak hotel mulai menggantinya dengan hanger berbahan kayu atau alumunium.

Tempat sabun hotel yang tertempel di tembok untuk menggantikan kemasan tube plastik.Kompas.com/SHERLY PUSPITA Tempat sabun hotel yang tertempel di tembok untuk menggantikan kemasan tube plastik.
5. Tempat sabun dan shampo

Biasanya pihak hotel akan menyediakan shampo, sabun, body lotion, hingga kondisioner dalam kemasan tube plastik.

Namun kini sebagian hotel telah menyediakan sabun hingga shampo dalam jumlah lebih banyak dalam wadah-wadah besar yang ditempelkan pada dinding.

 




Close Ads X