Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Lebaran, "Nyeberang" Jembatan Situ Gunung Sukabumi Antre Hingga 3 Jam

Kompas.com - 08/06/2019, 18:00 WIB
Sherly Puspita,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Pada libur lebaran tahun ini, Taman Wisata Alam Situ Gunung Sukabumi menjadi salah satu destinasi wisata favorit. Hal ini terlihat dari banyaknya wisatawan yang berkunjung ke salah satu destinasi wisata unggulan Jawa Barat ini.

Salah satu wahana yang menjadi incaran para wisatawan adalah Situ Gunung Suspension Bridge atau Jembatan Gantung Situ Gunung. Jembatan gantung yang panjangnya mencapai 243 meter dan membentang di ketinggian sekitar 150 meter ini ramai pengnjung.

Dalam video yang diunggah dalam akun instagram @mountnesia, tampak jalur masuk menuju jembatan gantung terpanjang di Indonesia ini dipenuhi wisatawan.

“ANTRI!! 7 Juni 2019, Antrean pengunjung Sespension Bridge Situgunung BB-TNGGP Kec. Kadudampit Kabupaten Sukabumi kemarin, lumayan padat --- tidak mengapa mumpung libur manfaatkan waktu liburan. Jadi harus sabar, nikmati alam dan JANGAN BUANG SAMPAH!” isi dalam keterangan video yang diunggah pada Sabtu (8/6/2019).

Saat dikonfirmasi, Guide Taman Wisata Alam Situ Gunung Nur Fauziyah membenarkan hal tersebut. Menurut Nur, antrean pengunjung telah terjadi sejak hari pertama lebaran hingga hari ini.

“Iya betul, bahkan sampai 3 sampai 4 jam (antrean melintasi jembatan gantung),” ujar Nur, Sabtu.

Antrean di Jembatan Gantung Situ Gunung.Instagram Mountnesia Antrean di Jembatan Gantung Situ Gunung.
Ia mengatakan, dalam sehari 1.000 hingga 2.000 wisatawan berlibur ke destinasi wisata ini. Ia mengatakan, antrean terjadi karena sesuai prosedur keamanan jumlah wisatawan yang diperbolehkan melintas jembatan dibatasi.

“Jadi jumlah maksimal orang yang ada di jembatan itu kan 100 orang, jadi tidak bisa sembarangan bisa melintas. Lalu harus menggunakan perlengkapan keselamatan juga. Jadi mohon wisatawan juga bersabar,” paparnya.

Karena banyaknya wisatawan yang mengantre, lanjut Nur, waktu yang diberikan pengunjung untuk berada di tengah jembatan juga dibatasi.

“Kalau sepi sih 1 jam ada di jembatan juga enggak masalah. Tapi kalau antre ya dibatasi sekitar 15 menit lah agar wisatawan lain juga tidak terlalu lama menunggu,” ujarnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com