Jadi Camilan Khas Lebaran, Yuk Intip Tempat Pembuatan Rengginang...

Kompas.com - 11/06/2019, 07:10 WIB
Rengginang dalam kaleng Monde KOMPAS.com/NUR ROHMI AIDARengginang dalam kaleng Monde

KOMPAS.com – Rengginang kerap menjadi sajian yang dihidangkan kala lebaran tiba. Panganan berbahan dasar ketan ini penyajiannya sering dimasukkan dalam wadah kaleng-kaleng roti bermerk.

Akibatnya, tak sedikit orang merasa tertipu karna salah mengira kaleng isi wafer, ternyata justru berisi rengginang.

Fenomena ini sering dijadikan bahan guyonan yang terwujud dalam meme-meme lucu yang banyak tersebar menjelang lebaran tiba.

Sebagai camilan yang kerap muncul saat lebaran, KompasTravel mencoba mendatangi tempat pembuatan rengginang di Wonogiri.

Tempat yang penulis datangi adalah rumah Pak Tukiran Modin yang berlokasi di Belik Rt 03 Rw 04 Pracimantoro, Wonogiri, Jawa Tengah.

Sehari-hari, Bu Saniyem yang merupakan istri dari Pak Tukiran membuat rengginang di sela-sela kesibukannya sebagai pedagang sayuran di pasar.

“Kalau bikin rengginang dari pagi sampai sore, bisa sekitar 50 kg rengginang yang dibikin. Tapi kalau misal paginya ke pasar, terus siangnya baru bikin, kurang lebih hanya sekitar 25 kg,” ujar Bu Saniyem berbagi cerita.

Proses pembuatan rengginangKOMPAS.com/NUR ROHMI AIDA Proses pembuatan rengginang
Rengginang yang dibuat Bu Saniyem tak hanya rengginang berwarna putih, namun juga rengginang-rengginang yang sudah diberi pewarna makanan.

“Biasanya pembeli itu pada minta warnanya apa. Makanya itu yang dijemur ada beberapa warna,” tuturnya.

KompasTravel mengikuti proses pembuatan rengginang yang dilakukan Bu Saniyem di dapur rumahnya.

Menggunakan peralatan sederhana berupa tungku kayu dan dandang (penanak nasi) Bu Saniyem mengaduk-aduk beras ketan yang baru saja dimasukkan.

“Ketannya direndam dulu pas malam hari, baru paginya ditiriskan,” ujarnya sembari mengangkut wadah adonan berisi ketan yang sudah selesai ditanak.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X