Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Kuliner Populer Jepang yang Bisa Kamu Nikmati di Ennichisai Blok M

Kompas.com - 11/06/2019, 18:08 WIB
Sherly Puspita,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Kabar baik bagi Kamu yang cinta kuliner dan kebudayaan Jepang.  Pasalnya festival budaya dan kuliner Jepang bertajuk “Jakarta Little Tokyo Ennichisai” akan digelar di kawasan Blok M, Jakarta Selatan pada tanggal 22 hingga 23 Juni 2019.

Ketua panitia Little Tokyo Ennichisai, Daisei Takeya menyebut Ennichisai tahun ini merupakan festival ke-10 yang digelar di kawasan Blok M.

Sebanyak 180 booth kuliner dan budaya Jepang akan memeriahkan festival ini. menargetkan ada lebih dari 300.000 pengunjung yang akan hadir dalam festival ini.

Berikut 6 kuliner populer Jepang yang dapat Kamu temukan di Ennichisai tahun ini.

1.  Takoyaki

Takoyaki merupakan makanan berbentuk bola-bola kecil dengan diameter 3 hingga 5 cm yang dibuat dari adonan tepung terigu. Takoyaki merupakan makanan yang berasal dari daerah Kansai di Jepang. Di daerah asalnya, takoyaki memiliki isian potongan daging gurita.

Daisei menyebut takoyai merupakan salah satu kuliner Jepang favorit pengunjung Ennichisai.

“Setiap tahun pasti ada booth takoyaki. Tahun ini saja ada lebih dari 8 booth yang menjual takoyaki,” ujar Daisei ketika ditemui Kompas Travel di kawasan Blok M, Senin (10/6/2019).

Okonomiyaki di Shabu Jin.Kompas.com/Silvita Agmasari Okonomiyaki di Shabu Jin.

2.  Okonomiyaki

Tak hanya Takoyaki, di Ennichisai tahun ini Kamu juga dapat menemukan booth-booth yang menjual Okonomiyaki. Daisei menyebut, kuliner ini juga menjadi salah satu favorit pengunjung.

Pancake bercitarasa gurih asal Kansai atau Hiroshima di Jepang ini mengandung berbagai macam bahan seperti kol putih, wortel, tepung terigu, katsuoboshi, hingga nori. Sebagai langkah akhir,  kuliner ini dimasak dengan cara digoreng.

3.  Ikayaki

Ikayaki merupakan salah satu makanan pokok di Tokyo, Jepang. Iikayaki merupakan cumi utuh atau potongan yang disiram dengan kecap manis dan bumbu-bumbu khas Jepang, ditusuk, kemudian dipanggang.

Tekstur daging cumi yang kenyal dan bumbu yang meresap sempurna menjadikan kuliner ala Jepang ini sangat nikmat. Kamu harus coba!

Ilustrasi lamian, varian mi yang disulap penduduk Jepang menjadi ramen.SHUTTERSTOCK Ilustrasi lamian, varian mi yang disulap penduduk Jepang menjadi ramen.

4.  Ramen

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com