Tanjung Kesirat, Tempat Terbaik Menikmati “Sunset” di Gunungkidul

Kompas.com - 12/06/2019, 20:08 WIB
Keindahan momen matahari terbenam di Tanjung Kesirat, Gunungkidul.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Keindahan momen matahari terbenam di Tanjung Kesirat, Gunungkidul.

GUNUNGKIDUL, KOMPAS.com – Musim kemarau bukan hanya kabar baik bagi para pemburu keindahan matahari terbit. Ini juga merupakan berita bagus bagi para sunset hunter atau pemburu momen matahari terbenam.

Memang saat musim kemarau cuaca cenderung lebih sering cerah. Langit pun juga lebih bersih tanpa adanya awan tebal saat cuaca buruk terjadi. Momen matahari terbit dan terbenam pun kemungkinan besar bisa disaksikan dengan lebih jelas.

Baca juga: Geoforest Watu Payung Turunan, Spot “Sunrise” Terbaik di Gunungkidul

Bagi kamu yang tinggal atau berdomisili di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, salah satu tempat terbaik untuk menikmati keindahan momen matahari terbenam adalah di Tanjung Kesirat.

Obyek wisata ini terletak di Dusun Karang, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul. Jarak tempuh dari pusat Kota Yogyakarta adalah sekitar 44 kilometer dengan waktu tempuh kurang-lebih 1,5 jam.

Pesona tebing yang gagah

Tanjung Kesirat kerap disebut sebagai pantai oleh banyak orang. Namun, di sini kamu tidak bisa bermain pasir dan air seperti di pantai-pantai lainnya. Hal itu karena topografi Tanjung Kesirat yang terditi dari tebing.

Laut dan daratan tidak dipisahkan oleh pantai pasir di Tajung Kesirat ini, melainkan langsung oleh tebing yang tegak lurus. Hal itu menjadikan aktivitas bermain air dan pasir tidak bisa dilakukan. Tanjung Kesirat bisa dibilang merupakan spot panorama.

Tebing di sekitar Tanjung Kesirat yang begitu menawan.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Tebing di sekitar Tanjung Kesirat yang begitu menawan.

Ketiadaan pasir pantai tidak lantas membuat keindahan di Tanjung Kesirat sirna begitu saja. Obyek wisata ini tetap menawarkan keindahan panorama lain yang tak kalah memesona, berupa tebing pantai nan gagah.

Tebing yang menjulang tinggi itu memanjang ke arah barat. Sekilas keberadaannya tampak seperti benteng besar yang menjadi batas antara lautan dan daratan. Saat sore hari, tebing yang bermandikan sinar matahari oranye tampak lebih menawan.

Keindahan matahari terbenam

Selain menawarkan keindahan matahari terbenam, atraksi wisata yang bisa ditemukan di Tanjung Kesirat adalah momen matahari terbenam. Obyek wisata ini selalu menjadi tujuan para pemburu keindahan matahari terbenam.

Saat matahari berada di lintang selatan sampai awal musim kemarau, matahari seolah tenggelam di laut saat terbenam. Namun keindahan momen sunset saat matahari berada di lintang utara (puncak musim kemarau) bukan berarti sirna begitu saja.

Baca juga: Pesona Keindahan “Sunrise” di Gunung Ireng, Gunungkidul

Matahari yang perlahan tenggelam di atas barisan tebing dan pegunungan juga tidak kalah memesona. Cahaya oranye matahari, birunya langit, dan hijaunya pepohonan, serta awan tipis menjadi perpaduan yang menakjubkan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Anggara W. Prasetya (@anggarawepe) on Jun 11, 2019 at 3:01am PDT

Satu hal spesial di Tanjung Kesirat ini adalah adanya pohon yang menjorok ke laut. Pohon tersebut menjadi foreground yang membuat komposisi foto pada momen matahari terbenam menjadi semakin sempurna.

Baca juga: Usai Sahur, Paling Pas Berburu “Sunrise” di Spot Riyadi

Selain menjadi spot untuk berburu keindahan matahari terbenam, Tanjung Kesirat juga merupakan tempat favorit untuk berkemah. Saat hari libur, biasanya ada banyak tenda yang berdiri di area kemah dekat pohon tepi tebing.




Close Ads X