Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kuliner Wajib Coba saat Wisata ke Hanoi, Vietnam

Kompas.com - 13/06/2019, 10:02 WIB
Rifqi Aufal Sutisna,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ketika Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama melakukan perjalanan ke Hanoi, Vietnam pada tahun 2016 silam, dia mencicipi makanan khas lokal. Yaitu roti bun cha dengan daging yang diasinkan menggunakan arang.

Namun, ada lagi beberapa makanan khas Hanoi yang harus dicicipi wisatawan ketika bertandang ke kota tersebut. Berikut lima di antaranya, seperti dikutip dari laman CNN Travel.

1. Cha Ca

Cha ca, hidangan khas Vietnam yang dapat ditemui di Hanoi.CNN Travel Cha ca, hidangan khas Vietnam yang dapat ditemui di Hanoi.

Olahan potongan ikan goreng yang dimasak dengan kunyit dan dill ini cukup populer bagi masyarakat Hanoi, bahkan namanya didedikasikan sebagai nama jalan, yakni Jalan Cha Ca.

Cha ca sendiri sudah berusia lebih dari 130 tahun. Makanan ini pertama kali ditemukan oleh keluarga Doan lokal, yang menyajikan makanan khusus untuk pasukan selama pemerintahan kolonial Prancis menduduki kota tersebut.

Restoran cha ca yang paling tersohor di Hanoi adalah Ca La Vong, salah satu restoran tertua di Hanoi yang sudah berdiri lebih dari satu abad lamanya.

2. Banh Tom

Kudapan khas Vietnam, Banh Tom.CNN Travel Kudapan khas Vietnam, Banh Tom.

Makanan yang juga disebut dengan kue udang ini hanya memiliki beberapa bahan utama, yakni udang karang air tawar atau udang, tepung, dan ubi jalar.

Banh tom biasanya isajikan dengan daun selada untuk pembungkus, ditambah cabai, jus jeruk nipis, dan saus ikan untuk dicelupkan. Udangnya sendiri dibiarkan utuh di atas kue renyah.

Baca juga: Seperti Vietnam, Indonesia Diminta Deregulasi di Sektor Pariwisata

Banh tom diperkirakan telah menjadi santapan umum warga Hanoi pada 1930-an ketika pedagang kaki lima mulai berkumpul di sepanjang Jalan Thanh Nien.

3. Bun Ca

Bun ca, hidangan khas Vietnam.CNN Travel Bun ca, hidangan khas Vietnam.

Segar dan ringan, bun ca menggabungkan kue ikan goreng, dill, tomat, bawang hijau, dan perilla (ramuan seperti mint). Ketika jam makan siang tiba, Kamu bisa menemukan bun ca di sepanjang jalan.

"Ada dua jenis mie, dan kemudian pilihan ikan kukus atau goreng. Ini adalah salah satu yang terbaik di kota," kata pendiri Hanoi Street Tours, Mark Lowerson kepada CNN Travel.

Bun ca akan lebih menyegarkan jika dicampur sedikit  jeruk nipis, cuka, cabai, dan rempah-rempah pilihan untuk mencapai keseimbangan rasa dari asin, asam, manis dan pedas.

4. Bun Rieu Cua

Bun Rieu Cua, makanan yang dapat ditemui di Hanoi, Vietnam.CNN Travel Bun Rieu Cua, makanan yang dapat ditemui di Hanoi, Vietnam.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com