Puncak Gunung Telomoyo di Jawa Tengah, Bisa Dicapai Naik Motor

Kompas.com - 13/06/2019, 12:07 WIB
Puncak Gunung Telomoyo yang Bisa Dijangkau dengan Naik Sepeda Motor.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Puncak Gunung Telomoyo yang Bisa Dijangkau dengan Naik Sepeda Motor.

MAGELANG, KOMPAS.com Gunung Telomoyo merupakan tujuan yang pas bagi kamu yang ingin ke puncak gunung tanpa perlu capek berjalan kaki. Hal itu karena puncak Gunung Telomoyo bisa dicapai dengan mengendarai sepeda motor.

Telah tersedia infrastruktur jalan aspal dari kaki hingga puncak Gunung Telomoyo yang bisa dilalui sepeda motor. Rute ke puncak gunung dengan mengendarai motor bisa dicapai dari Area Parkir Wisata G. Telomoyo yang ada di Kecamatan Ngablak, Magelang.

Baca juga: Di Gunung Ini, Kamu Bisa ke Puncak Cuma Naik Motor...

Memang perjalanan menuju puncak Gunung Telomoyo bisa kamu lakukan dengan mengendarai sepeda motor. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memulai perjalanan.

Berikut ini adalah 4 tips naik motor ke puncak Gunung Telomoyo, Jawa Tengah:

1. Pastikan mesin sepeda motor fit sehingga kuat menanjak

Menuju puncak Gunung Telomoyo memang bisa dijangkau dengan naik sepeda motor. Namun tetap saja yang namanya menuju puncak gunung, perjalanan tetap akan melalui jalan menanjak. Untungnya tanjakan tidak terlalu terjal.

Perjalanan menuju puncak gunung bisa ditempuh dengan berbagai jenis motor, mulai bebek hingga trail. Bahkan menurut petugas jaga di loket, motor matic bisa mencapai puncak.

Baca juga: Mendaki Gunung Andong yang Ramai seperti Pasar di Akhir Pekan

Meski demikian, hendaknya perhatikan kondisi sepeda motor. Jangan sampai sepeda motor mengalami gangguan mesin yang membuatnya tidak kuat menanjak. Jika menemukan gangguan mesin, lebih baik lakukan servis sebelum berangkat.

2. Siap melalui jalan rusak

Satu kabar buruk yang harus kamu ketahui adalah kondisi jalan menuju puncak Gunung Telomoyo tidaklah baik. Jalan rusak yang penuh lubang telah menantimu di tengah perjalanan menuju puncak.

Ilustrasi jalan rusak.Shanghaiist Ilustrasi jalan rusak.

Kamu pun harus bersiap menghadapi kondisi jalan seperti itu. Pengetahuan dan kemampuan untuk melewati jalan rusak harus kamu ketahui. Sepeda motor juga harus disiapkan untuk melalui jalan rusak, salah satunya dengan mengecek tekanan angin.

Jalan rusak rawan membuat kehilangan keseimbangan dan tergoresnya bagian bawah motor. Ban juga rawan bocor saat melewati jalan yang penuh lubang, terutama pada ban yang tekanan anginnya kurang.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

Close Ads X