Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mama Papa Muda, Catat 10 Tips Lengkap Bawa Bayi di Pesawat

Kompas.com - 13/06/2019, 21:08 WIB
Silvita Agmasari,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Membawa bayi menumpang pesawat menjadi saat yang mendebarkan bagi orang tua. Ruang sempit di pesawat berarti berbagi kenyamanan bayi bersama penumpang lainnya.

Dalam kondisi yang tidak nyaman, bayi hanya dapat mengekspresikan diri dengan menangis. Untuk meminimalisir ketidaknyamanan bayi ada berbagai cara yang dapat dilakukan orang tua.

Baca juga: 4 Etika Perjalanan Saat Ada Bayi Menangis di Pesawat

Tentunya ini juga memerlukan dukungan orang sekitar bayi saat di pesawat. Berikut kita membawa bayi di pesawat agar ia nyaman:

1. Pesan tiket jangan mepet

Jika kamu membawa bayi, pesanlah tiket minimal satu bulan sebelum. Pelajari aturan maskapai mengenai aturan membawa bayi. Sebab setiap maskapai punya aturan minimal usia bayi dan harga tiket yang berbeda.

Memesan tiket lebih lama, juga memungkinkan kamu meminta fasilitas bagi bayi seberti keranjang bayi. Beberapa amskapai bahkan punya makanan untuk bayi usia dua tahun ke atas. Namun harus dipesan sebelum penerbangan. 

2. Sesuaikan jadwal penerbangan dengan jadwal tidur bayi

Waktu penerbangan paling pas untuk membawa bayi adalah saat jam tidur bayi. Penerbangan dekat sebaiknya dilakukan di siang hari (waktu tidur siang bayi), dan untuk penerbangan jauh biasakan pilih malam hari.

Dengan begitu, aman dan nyaman naik pesawat bersama bayi terwujud.

3. Pilih kursi paling depan, sebelah lorong

Kursi ini paling cocok bagi penumpang yang membawa bayi. Selain tenang karena jauh dari turbin pesawat, kursi prioritas ini juga memudahkan penumpang untuk keluar masuk pesawat dengan cepat, serta jarak antar kursinya lebih luas dan nyaman untuk bayi.

Kursi sebelah lorong juga memudahkan orang tua untuk membawa bayi ke toilet, atau berdiri untuk menggendong bayi yang bosan.

4. Jangan segan beli kursi untuk bayi

Di Indonesia umumnya maskapai memperbolehkan penumpang memangku bayi atau batita. Namun berbeda dengan di Amerika Serikat. Federal Aviation Administration (FAA) merekomendasikan para orang tua untuk meminta Child Restraint System (CRS) kepada maskapai yang bersangkutan.

CRS adalah safety seat seperti car seat yang akan menahan dan melindungi bayi di bangkunya. Sebab melalui penelitian, ternyata cedera bayi di bawah dua tahun banyak terjadi karena ketumpahan minuman atau sup panas orang tua saat dipangku, dan tergelincir dari pangkuan orang tuanya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com