Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perhatikan 3 Hal ini saat Beli Koper Baru untuk Traveling

Kompas.com - 14/06/2019, 06:06 WIB
Rifqi Aufal Sutisna,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Melakukan perjalanan panjang ke berbagai penjuru dunia merupakan aktivitas favorit para traveler. Ketika mengunjungi daerah baru, berbagai manfaat seperti pengalaman dan pengetahuan baru bisa diperoleh.

Saat hendak berpergian, salah satu hal yang harus diperhatikan adalah kelengkapan barang bawaan. Bahkan saking banyaknya, calon pelancong tak jarang harus membeli koper baru agar berbagai kebutuhan saat berpergian bisa muat di dalam satu tas.

Namun, seperti membeli barang pada umumnya, berbelanja koper baru untuk traveling juga perlu memerhatikan sejumlah hal agar tak menyesal di kemudian hari. Ini 3 di antaranya, seperti dihimpun KompasTravel.

1. Perhatikan Garansi Koper

Ketika membeli barang, ketersediaan garansi tentu sangat bermanfaat untuk pembeli. Saat koper yang baru dibeli rusak atau reject, Kamu bisa menukarnya dengan koper baru atau diperbaiki secara cuma-cuma.

Baca juga: Alasan Orang Menjadi Solo Traveler Adalah...

Apalagi, harga koper bisa dibilang cukup mahal. Jika koper yang Kamu beli tidak memiliki garansi dan tiba-tiba rusak, Kamu harus membeli koper baru lagi, sehingga budget yang tadinya akan digunakan untuk traveling berkurang.

2. Ketahui Daya Tahan Koper

Daya tahan koper juga sangat penting untuk diketahui ketika ingin membeli koper baru. Dengan mengetahui daya tahan koper, Kamu bisa mengetahui kapan kiranya koper tersebut sudah tak layak pakai, sehingga perlu membeli koper baru lagi.

Setiap aspek pada koper tentunya harus bertahan lama, sesuai dengan kebutuhan Kamu. Lakukan riset seperti mencari informasi koper di internet, atau meminta rekomendasi merk koper melalui kerabat beserta keluarga.

3. Sesuaikan Dengan Jenis Bawaan

Dengan melihat jenis bawaanmu saat melakukan traveling, Kamu bisa menentukan jenis, daya tahan, dan kapasitas koper yang harus dibeli. Jika bawaanmu cenderung selalu sedikit, tak perlu membeli koper dengan kapasitas besar. Begitupun sebaliknya.

Baca juga: 8 Suvenir yang Sering Dikoleksi Traveler saat Liburan ke Luar Negeri

Ketika kamu ingin bertandang ke luar negeri, pastikan koper barumu muat bawaan banyak, ditambah ruang khusus untuk laptop dan perlengkapan mandi. Manfaatkan ruang kosong itu dengan maksimal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com