Serba Mawar di 5 Tempat Wisata Indonesia Ini

Kompas.com - 14/06/2019, 16:21 WIB
Beraneka warna bunga mawar potong yang dijual di Pasar Rawa Belong, Jakarta. KOMPAS.com/Tri WahyuniBeraneka warna bunga mawar potong yang dijual di Pasar Rawa Belong, Jakarta.

JAKARTA, KOMPAS.com - Melihat taman cantik dengan deretan bunga yang tumbu teratur menimbulkan perasaaan yang menyenangkan. Tidak hanya cantik, bunga juga menjadi sarana manusia mengungkapkan ekspresi sejak lama.

Tak heran wisata dengan bertema bunga disukai oleh banyak wisatawan. Di Indonesia ada berbagai taman yang menawarkan keindahan bunga dan salah satu bunga paling terkenal, mawar mudah sekali ditemui di tempat wisata ini. Berikut rangkumannya;

1. Kebun Mawar Situhapa, Garut, Jawa Barat

Jika mampir ke Garut, jangan lupa memabwa pasangan atau ibu ke Kebun Mawar Situhapa. Sebab taman cantik ini punya banyak koleksi bunga mawar berbagai warna.

Taman ini dikelilingi Gunung Guntir, Gunung Cikuray, Gunung Papandayan, dan Gunung Telaga Bodas. Hawa pegunungan membuat tanaman tumbuh subur di sini.

Sesuai namanya koleksi utama dari taman ini bunga mawar, tetapi ada juga tanaman lain seperti begonia, kaktus, dan anggrek. Selain taman bunga, tersedia restoran dan penginapan di Kebun Mawar Situhapa.

Salah satu zona taman Perancis, bentuk geometris dan pangkasan perdu pendek yang merupakan ciri khas utama taman Perancis.KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Salah satu zona taman Perancis, bentuk geometris dan pangkasan perdu pendek yang merupakan ciri khas utama taman Perancis.

2. Taman Bunga Nusantara, Cianjur, Jawa Barat

Di Taman Bunga Nusantara yang berlokasi di Kabupaten Cianjur ada taman khusus bunga mawar. Secara keseluruhan Taman Bunga Nusantara memberi nuansa sejuk taman yang penuh dengan bunga, air mancur, hingga pepohonan.

Taman Mawar dipenuhi si bunga berduri, tetapi harum semerbak. Selain Taman Mawar, ada beberapa taman lainnya seperti Taman Mediterania dengan tanah berpasir, palem, kaktus, dan bebatuan. Taman Perancis dengan air mancur, tumbuhan berpola, dan bangku eksotik. Ada juga Taman Rahasia. Ikuti alur jalan yang dibuat menyulitkan seseorang untuk keluar.

Masih ada Taman Bali dengan gapura, pancuran, patung, rerimbunan pohon kamboja, dan pohon khas ”Pulau Dewata”.

Ada Danau Angsa dengan si angsa yang putih dan hitam dari Eropa. Ada Ada juga kawasan bambu, air mancur musikal, lapangan piknik, dan menara pandang.

3. Desa Gunungsari, Batu, Jawa Timur

Desa yang berada di Kecamatan Bumiaji, Batu, Jawa Timur ini terkenal sebagai terkenal sebagai desa budidaya berbagai jenis bunga mawar. Berlokasi di daerah pegunungan yang sejuk, membuat bunga mawar tumbuh sebar. Sampai desa ini menjadi pemasok bunga mawar di berbagai kota besar Indonesia.

Di sini bahkan terdapat Wisata Petik Bunga Mawar Gumur. Wisatawan dapat memetik bunga mawar tanpa duri yang juga dapat dijadikan oleh-oleh.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X