Panduan Hemat ke Pulau Panjang, Wisata di Jepara Selain Karimunjawa

Kompas.com - 14/06/2019, 17:06 WIB
Gerbang wisata Pulau Panjang. Jika masuk ini, wisatawan dikenakan retribusi Rp. 5 ribu. Kontributor Semarang, Nazar NurdinGerbang wisata Pulau Panjang. Jika masuk ini, wisatawan dikenakan retribusi Rp. 5 ribu.

KOMPAS.com – Pulau Panjang merupakan salah satu tempat wisata di Jepara, Jawa Tengah, yang tak kalah cantiknya dengan Karimunjawa.

Pulau ini kerap dijadikan alternatif orang-orang yang gagal menyeberang ke Karimunjawa karena beberapa alasan, seperti ketinggalan kapal, atau kapal yang gagal berangkat lantaran ombak sedang tinggi.

Menuju ke Pulau Panjang tidaklah mahal. Cocok buat Kamu yang mencari wisata hemat sekitar Jepara.

Nah, buat Kamu yang ingin traveling ke Pulau Panjang berikut KompasTravel mencoba membuat panduannya:

1. Carilah Transportasi ke Terminal Terboyo

Dari lokasimu, carilah transportasi ke Terminal Terboyo. Kalau kamu menggunakan kereta dan turun di stasiun-stasiun Semarang, kamu bisa mencari angkot atau ojek yang akan membawamu ke Terminal Terboyo.

Jika kamu menggunakan bus dari Jakarta, kamu bisa mencari rute yang langsung ke Terboyo, tapi bisa pula kamu langsung turun di Terminal Jepara tanpa perlu ke Terboyo terlebih dahulu.

2. Dari Terboyo Lanjut ke Jepara

Sesampainya di Terminal Terboyo, carilah bus mini jurusan ke Jepara. Bus mini ini ada sekitar pukul 03.00-05.00 WIB. Tarif bus hanya berkisar Rp 15.000 dengan lama perjalanan 2-3 jam.

3. Menyeberang ke Pulau Panjang

Pulau Panjang, Kabupaten Jepara Jawa Tengah difoto dari dalam kapal. Kontributor Semarang, Nazar Nurdin Pulau Panjang, Kabupaten Jepara Jawa Tengah difoto dari dalam kapal.
Jika Kamu turun di Terminal Jepara, kamu bisa mencari angkot yang akan membawamu ke Pantai Bandengan.

Sedangkan kalau kamu menggunakan bus dari Terminal Terboyo, kamu bisa meminta kernet bus menurunkanmu di tempat terdekat yang  memudahkanmu ke Pantai Kartini.

Nah selanjutnya, kamu bisa menyeberang ke Pulau Panjang. Perahu Pulau Panjang bisa diakses baik melalui Pantai Kartini Jepara maupun Pantai Bandengan.

Untuk menyeberang ke Pulau Panjang hanya diperlukan biaya sekitar Rp 20.000 – Rp 25.000 baik dari Pantai Kartini maupun dari Pantai Bandengan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X