Doyan Soto, Pria Ini Buat Akun Instagram @365harinyoto

Kompas.com - 14/06/2019, 20:08 WIB
Soto Banjar.https://pesona.travel Soto Banjar.

KOMPAS.com – Sejak 1 Maret 2019 Denfarino Endo Tersiano (39) membuat sebuah akun instagram bernama @365harinyoto. Melalui akun tersebut Ia membagikan foto-foto soto yang Ia makan setiap hari selama 365 hari atau satu tahun.

Yap kamu tak salah baca, Endo memang sedang menantang dirinya sendiri untuk menyantap soto setiap hari di 365 warung yang berbeda dari berbagai daerah di Indonesia.

“Per hari ini sudah 105 soto dari warung yang berbeda yang saya makan setiap hari. Sampai hari ini belum bolong (menyantap soto setiap hari) dan belum bosan,” ujar Endo ketika dihubungi KompasTravel, Kamis (13/6/2019).

Dalam setiap unggahannya Endo selalu menyertakan keterangan berupa lokasi warung, harga soto, hingga deskripsi singkat mengenai pengalamannya menyantap soto tersebut. Namun dalam keterangan foto Endo tak menuliskan penilaiannya pada soto tersebut.

“Jadi konsepnya cuma benar-benar menantang diriku sendiri. Ada sih yang DM (direct message) minta aku kasih nilai soal rasanya. Tapi aku siapa, aku bukan food blogger. Aku cuma membagikan pengalaman makan sotoku aja,” kata dia.

Mengapa Soto?

Endo mengatakan, kecintaannya terhadap soto telah berlangsung sejak dirinya duduk di bangku sekolah dasar. Setiap minggu sekali sang Ayah selalu mengajak Endo ke warung soto Kadipiro yang berlokasi di Yogyakarta.

Kebiasaan menyantap soto itu kemudian berlangsung hingga kini.

“Saat ini aku bekerja sebagai arsitek. Suatu hari aku ngobrol dengan teman. Terus nantang aku buat bikin sesuatu tapi bukan dari bidang pekerjaanku. Karena mungkin sudah bosen dengan rutinitas pekerjaan gitu kan. Nah temenku itu nanya, kamu hobinya apa? Aku jawab makan soto, aku sih iseng aja. Terus dia bilang ya udah bikin akun tiap hari makan soto. Dia bercanda,” papar Endo.

Meski demikian ternyata Endo menangkap ide temannya tersebut dengan serius. Kemudian Ia mulai membuat akun instagram dan memulai tantangannya.

Info Warung Soto dari Mana?

Menurut Endo, soto adalah salah satu jenis masakan khas Indonesia yang sangat mudah ditemukan di berbagai wilayah di Indonesia. Oleh sebab itu, sebenarnya bukan perkara sulit untuk menemukan soto. Apalagi kecintaannya terhadap soto membuatnya memiliki daftar pribadi mengenai warung-warung soto enak di berbagai kota besar di Indonesia.

Selain itu ia juga mencari info-info warung soto menarik di internet.

“Lalu yang ketiga ternyata ketika aku menjalani ini banyak yang DM aku misalnya yang follow aku mereka rekomen oh di sini ada soto enak. Kayak aku di Surabaya nih. Nah itu kan aku juga jadi tambah wawasan kan. Nah serunya di situ. Padahal sama follower itu aku enggak kenal soalnya kan ini akun baru kan,” ceritanya.

Menurut Endo, saat ini dirinya telah mencicipi hampir semua jenis soto yang ada di Indonesia. Namun Ia masih terus mencari warung-warung soto unik yang mungkin belum pernah dicoba.

“Umumnya sudah semua dicoba. Tapi kan ada soto-soto yang penyajiannya unik itu kan yang masih aku cari ya. Kayak ada soto bakso nih di Bali, kemarin ada yang rekomen tuh. Kan aku ya baru tau oh ada soto bali. Terus soto medan ya kemarin waktu bulan puasa. Uniknya ada soto yang ternyata pakai udang. Nah aku baru tau itu. Nah yang kayak gitu kan seru kan. Aku cari informasi soal itu,” kata dia.

Tantangan menyantap 365 soto Endo masih berlangsung. Ia berharap dapat menyelesaikan tantangan ini sambil memberi informasi pada lebih banyak orang mengenai kayanya jenis soto di Indonesia.




Close Ads X