6 Kesalahan yang Sering Terjadi saat Memesan Tiket Pesawat

Kompas.com - 14/06/2019, 22:09 WIB
IlustrasiSHUTTERSTOCK Ilustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memesan tiket pesawat tampak mudah, tetapi sebenarnya butuh ketelitian lebih. Ada banyak detail pada pemesanan tiket pesawat yang berpengaruh pada perjalanan.

Beberapa kesalahan berikut sering terjadi saat memesan tiket pesawat. Yuk disimak, agar perjalanan berjalan lancar dan sesuai yang diinginkan:

1. Salah isi identitas penumpang

Selalu periksa kembali data identitas penumpang sebelum membayar tiket pesawat. Kesalahan ini sangat berpengaruh khususnya pada penerbangan internasional.

Perhatikan tidak ada kesalahan dalam penulisan nama, nama sesuai dengan paspor, nomor paspor benar dan berlaku enam bulan ke depan.

2. Tidak memerhatikan bandara tujuan

Kebanyakan orang hanya fokus pada destinasi, tidak pada bandara. Padahal beberapa kota di dunia, punya dua sampai tiga bandara. Perhatikan dengan jelas, mana bandara yang dekat dengan penginapan dan kendaraan yang tersedia dari sana menuju pusat kota. Perhatikan juga apakah bandara kedatangan dan kepulangan kamu sama atau tidak.

3. Memesan penerbangan lanjutan dengan waktu mepet

Sediakan minimal 90 menit untuk penerbangan lanjutan. Mengingat ada banyak hal yang harus diurus saat transit. Jika kamu memesan penerbangan lanjutan, sebisa mungkin pesan maskapai yang sama atau berafiliasi dengan maskapai pertama. Juga pastikan sampai di ruang tunggu 20 menit sebelum waktu masuk pesawat.

4. Tidak memperkirakan waktu internasional

Beda negara khususnya beda benua berarti beda zona waktu. Contohnya saat terbang dari Sydney, Australia pada Minggu pagi berarti kamu akan sampai di Los Angeles, Amerika Serikaat juga pada Minggu pagi.

Zona waktu ini terbilang penting, untuk pemesanan trasnportasi dan akomodasi di destinasi tujuan.

5. Salah baca waktu penerbangan

Setiap maskapai punya aturan tersendiri menulis waktu penerbangan di tiketnya. Bisa menggunakan waktu AM dan PM atau waktu 24 jam. Seringkali karena tidak teliti, waktu AM dan PM dikira waktu 24 jam. Jika tidak yakin, telepon tanya operator maskapai mengenai waktu keberangkatan.

6. Salah baca maksimal beban bagasi

Setiap maskapai punya aturan beban bagasi, bahkan untuk domestik dan nasional terbilang berbeda. Di Indonesia kesalahan banyak terjadi jika melanjutkan penerbangan dari pesawat jenis biasa ke pesawat ATR. Pesawat jenis ATR biasanya memiliki aturan beban bawaan yang jauh lebih kecil dari pesawat jenis biasa.




Close Ads X