Aneka Sarapan Khas dari Indonesia, Pernah Coba?

Kompas.com - 15/06/2019, 08:47 WIB
Nasi Gandul Pati TABLOID NOVA/AHMAD FADILAHNasi Gandul Pati

JAKARTA, KOMPAS.com - Sarapan terbilang penting sebagai asupan melaksanan aktivitas di awal hari. Hal yang menarik jika berkunjung ke berbagai daerah di Indonesia, waktu sarapan berarti waktunya makanan khas daerah keluar.

Saat makan di pagi hari, kamu akan dengan mudah menemukan hidangan khas yang disantap oleh orang lokal. Kabar gembiranya lagi, makanan yang dijual untuk sarapan umumnya jauh lebih murah ketimbang siang atau malam hari.

Berikut adalah berbagai sarapan yang disantap oleh orang Indonesia, lezat dan mengenyangkan. Sudah pernah coba?

1. Aceh

Sarapan di Aceh terbilang sangat beragam dan berbeda dengan daerah lain di Indonesia. Sebut saja nasi gurih yakni nasi yang dimasak dengan santan kelapa dan berbagai rempah khas Aceh. Disantap dengan lauk ikan balado, tumis sayur, gulai daging, dan sambal.

Selain itu juga ada bubur kanji rumbi, lontong sayur, dan aneka kue khas Aceh. Apapun sarapannya, orang Aceh biasa selalu memulai hari dengan kopi kualitas rasa cafe tetapi harga warung.

Bihun Bebek 75KONTAN/Carolus Agus Waluyo Bihun Bebek 75

2. Medan

Agaknya susah membedakan makanan sarapan dan makan siang orang Medan. Sebab orang Medan terbiasa menyantap sarapan porsi besar. Contohnya nasi gurih, lontong sayur, bakmi, mie balap (tumis) dengan ciri isian banyak dan bungkus lapis daun pisang, bihun bebek, dan soto.

Kuncinya carilah penjual yang ramai pembeli di pagi hari, orang Medan biasanya memiliki langganan penjual makanan khususnya di pagi hari.

TekwanARSIP DOYANKULINER.COM Tekwan

3. Palembang

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X