Kompas.com - 15/06/2019, 19:26 WIB

BALI, KOMPAS.com - Keindahan panorama Pulau Bali sudah terkenal hingga mancanegara. Tak heran, destinasi wisata seperti Garuda Wisnu Kencana (GWK), Water Blow, hingga beberapa wisata pantai di Bali banyak dikunjungi wisatawan.

Di samping itu, ternyata Bali juga memiliki berbagai kuliner yang tak kalah menarik dari obyek wisatanya. Berikut top 5 kuliner di Bali, berdasarkan pilihan Kementerian Pariwisata (Kemenpar).

1. Ayam Betutu

Ayam betutu Pak Sanur di Ubud.KOMPAS.com/Silvita Agmasari Ayam betutu Pak Sanur di Ubud.

Betutu merupakan lauk berbagan dasar ayam atau bebek utuh yang berisi bumbu, kemudian dipanggang dalam suhu tertentu. Kudapan ini sangat terkenal di Bali.

Baca juga: Main ke Celuk, Sentra Kerajinan Perak Bali

Salah satu produsen betutu terdapat di Desa Melinggih, Kecamatan Payangan, Kabupaten Gianyar. Banyak restoran yang menjual hidangan khas asal Gilimanuk ini.

2. Sate Lilit

Sate lilit di Restoran Plataran Canggu Bali Resort & Spa, Jalan Pengubugan, Banjar Silayukti, Kuta, Bali.Arsip Plataran Canggu Bali Resort & Spa Sate lilit di Restoran Plataran Canggu Bali Resort & Spa, Jalan Pengubugan, Banjar Silayukti, Kuta, Bali.

Sate ini merupakan varian sate khas Bali yang terbuat dari daging ikan, ayam, sapi, babi, bahkan kura-kura. Daging tersebut dicincang dengan parutan kelapa, santan, jeruk nipis, bawang goreng, dan merica.

Sangat banyak restoran di Bali yang menyediakan sate lilit untuk wisatawan. Bahkan, olahan daging ini juga dijual di luar bali seperti Depok dan Tangerang.

3. Lawar Kebo

Seperti namanya, lawar kebo merupakan hidangan khas Bali yang berbahan dasar daging kebo. Umumnya, Lawar kebo memiliki aroma rempah yang harum dihirup beserta tekstur dagingnya yang empuk.

Baca juga: 5 Pantai Ramah Buat Surfer Pemula di Bali

Sejumlah restoran di Bali menyediakan Lawar Kebo, sebut saja Lawar Kebo Bali Eka, Warung Baten Poh Lawar Kebo, Warung Kubu Lawar Kebo, Warung Di Kubu Spesial Lawar Kebo, dan yang paling tersohor terdapat di Restoran Mang Boo.

4. Rujak Kuah Pindang

Rujak kuah pindang.KOMPAS Rujak kuah pindang.

Kudapan ini merupakan kombinasi dari beberapa buah seperti bengkuang, pepaya, kedondong, dan mentimun segar layaknya rujak manis atau rujak gula. Kemudian buah tersebut dikupas dan dipotong kecil.

Restoran yang menjual Rujak Kuah Pindang di Bali antara lain, Depot Rujak Kuah Pindang VIP, Warung Siki Kuah Pindang dan Tipat Cantok, Warung Rujak Glogor, dan masih banyak lagi.

5. Tipat Cantok

Tipat Cantok khas BaliKOMPAS.COM/SRI LESTARI Tipat Cantok khas Bali

Tipat Cantok merupakan salah satu makanan khas Bali yang terbuat dari sayuran rebus dan ketupat yang disajikan dengan bumbu kacang. Rasa segar dari sayuran akan berpadu dengan sensasi gurih dari kacang.

Sejumlah restoran yang menjual Tipat Catok di antaranya Warung Tipat Catok dan Jajan Bali Bu Aan, Warung Tipat Cantok Oberoi, Warung Tipat Cantok Aulia, Warung Soto Sapi dan Tipat Catok, dan lain sebagainya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.