Selain Refugia, Ini Kelebihan Lain Bulak Widoro sebagai Taman Bunga

Kompas.com - 15/06/2019, 21:05 WIB
Bulak Widoro  KOMPAS.com/NUR ROHMI AIDABulak Widoro

KOMPAS.com – Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta memiliki cukup banyak tempat wisata menarik baik alam maupun buatan. Salah satunya adalah Bulak Widoro.

Jika kamu berkunjung ke Gunungkidul, sesekali kamu harus mampir ke lokasi ini, lantaran Taman Bunga Bulak Widoro tak sekadar taman bunga. Taman bunga ini memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya berbeda dari Taman Bunga yang lain

Nah berikut beberapa kelebihan yang ada di Taman Bunga Bulak Widoro:

1. Bulak Widoro Merupakan Upaya Refugia yang Dipadukan dengan Kreatifitas Warga

Dengan Refugia, mendukung padi sehatKOMPAS.com/NUR ROHMI AIDA Dengan Refugia, mendukung padi sehat
Lokasi Bulak Widoro berada di tengah hamparan persawahan. Penanaman bunga-bunga di Bulak Widoro pada awalnya adalah sebuah upaya refugia.

Menurut penuturan Lilis, pengelola Bulak Widoro, Refugia merupakan upaya untuk membuat padi sehat dengan mengalihkan hama padi ke tumbuhan berbunga.

Bunga-bunga yang ditanam merupakan bunga-bunga yang memiliki serbuk sari seperti celosia, bunga kertas, serta bunga matahari.

Di Bulak Widoro, teknik Refugia ini dipadukan dengan kreatifitas warga berupa penataan taman bunga yang cantik yang dipadupadankan dengan hijaunya persawahan.

Harapannya, tak hanya menguntungkan dari sektor pertanian, namun pembuatan Bulak Widoro juga menguntungkan dari sektor pariwisata.

2. Sarana Edukasi untuk Anak-anak

Memberi Makan Kelinci di Bulak Widoro   KOMPAS.com/NUR ROHMI AIDA Memberi Makan Kelinci di Bulak Widoro
Bulak Widoro cocok dijadikan kunjungan wisata keluarga. Mengajak anak-anak kemari sekaligus bisa mengenalkan kepada mereka tentang berbagai jenis tanaman berbunga.

Di tempat ini juga terdapat aktivitas memberi makan kelinci, sehingga pengunjung bisa memanfaatkannya untuk memberikan edukasi kepada anak-anak perihal bagaimana cara merawat binatang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X