Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Baru Menikmati Pemandangan Halong Bay, Pakai Helikopter!

Kompas.com - 16/06/2019, 09:37 WIB
Silvita Agmasari,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Halong Bay sudah lama menjadi magnet turis berkunjung ke Vietnam. Saking indahnya, teluk yang memiliki lebih dari 1.600 pulau besar dan kecil dari batuan kapur putih ini masuk sebagai situs warisan dunia dari UNESCO.

Keindahan Halong Bay mampu menarik 10 juta wisatawan mancanegara setiap tahun.

Sayangnya kunjungan wisatawan yang terlalu banyak ke Halong Bay juga memberi dampak negatif yakni polusi air dari kapal yang membawa turis dan juga sampah yang ditinggalkan.

Pemerintah Vietnam lantas membatasi rute eksplorasi Halong Bay, dengan hanya membuka lima rute bagi perjalanan kapal.

Kini muncul cara baru untuk memandangi Halong Bay, yakni lewat udara. Tepatnya dengan nenumpang helikopter Bell 505. Wisata Halong Bay dengan helikopter ini ditawarkan oleh Northern Vietnam Helicopter Company.

Baca juga: Ke Vietnam, Jajal Kereta Gantung di Ba Na Hills yang Memukau

Ada tiga paket yang ditawarkan, dibagi berdasarkan waktu terbang. Pertama paket 12 menit dihargai 125 dollar AS atau setara Rp 1,8 juta, kemudian paket 25 menit dengan harga 255 dollar AS atau setara Rp 3,6 juta, dan paket 40 menit dengan harga 396 dollar AS setara Rp 5,6 juta per orang.

Semua helikopter berangkat dari Pulau Tuan Chu dan berakhir di terbang di atas Ga Choi Islet, Bai Tu Long Bay, Pulau Titop, Gua Hang Thien Cung, dan Pulau Reu. Sedangkan penerbangan yang lebih panjang ditambah rute Goa Hang Sung Sot, Gua Hang Trong, Desa Nelayan Cua Van, dan Pantai Vung Ha.

Sebenarnya tur udara tidak sepenuhnya baru di Halong Bay. Perusahaan Hai Au Aviation mengoperasikan penerbangan di atas Halong Bay beberapa tahun terakhir. Namun berbeda dengan tur helikopter yang berisi tiga penumpang, tur ini menggunakan pesawat berisi 12 orang.

Harganya mulai dari 2,4 juta dong per orang atau setara Rp 1,5 juta per orang. Harga juga dapat naik tergantung musim kunjungan turis.

Menikmati pemandangan Halong Bay dari sudut atas juga memberi pengalaman berbeda dibanding dari kapal. Konfigurasi pulau batu akan tampak lebih luas dan menyeluruh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com