Kompas.com - 16/06/2019, 09:37 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Halong Bay sudah lama menjadi magnet turis berkunjung ke Vietnam. Saking indahnya, teluk yang memiliki lebih dari 1.600 pulau besar dan kecil dari batuan kapur putih ini masuk sebagai situs warisan dunia dari UNESCO.

Keindahan Halong Bay mampu menarik 10 juta wisatawan mancanegara setiap tahun.

Sayangnya kunjungan wisatawan yang terlalu banyak ke Halong Bay juga memberi dampak negatif yakni polusi air dari kapal yang membawa turis dan juga sampah yang ditinggalkan.

Pemerintah Vietnam lantas membatasi rute eksplorasi Halong Bay, dengan hanya membuka lima rute bagi perjalanan kapal.

Kini muncul cara baru untuk memandangi Halong Bay, yakni lewat udara. Tepatnya dengan nenumpang helikopter Bell 505. Wisata Halong Bay dengan helikopter ini ditawarkan oleh Northern Vietnam Helicopter Company.

Baca juga: Ke Vietnam, Jajal Kereta Gantung di Ba Na Hills yang Memukau

Ada tiga paket yang ditawarkan, dibagi berdasarkan waktu terbang. Pertama paket 12 menit dihargai 125 dollar AS atau setara Rp 1,8 juta, kemudian paket 25 menit dengan harga 255 dollar AS atau setara Rp 3,6 juta, dan paket 40 menit dengan harga 396 dollar AS setara Rp 5,6 juta per orang.

Semua helikopter berangkat dari Pulau Tuan Chu dan berakhir di terbang di atas Ga Choi Islet, Bai Tu Long Bay, Pulau Titop, Gua Hang Thien Cung, dan Pulau Reu. Sedangkan penerbangan yang lebih panjang ditambah rute Goa Hang Sung Sot, Gua Hang Trong, Desa Nelayan Cua Van, dan Pantai Vung Ha.

Sebenarnya tur udara tidak sepenuhnya baru di Halong Bay. Perusahaan Hai Au Aviation mengoperasikan penerbangan di atas Halong Bay beberapa tahun terakhir. Namun berbeda dengan tur helikopter yang berisi tiga penumpang, tur ini menggunakan pesawat berisi 12 orang.

Harganya mulai dari 2,4 juta dong per orang atau setara Rp 1,5 juta per orang. Harga juga dapat naik tergantung musim kunjungan turis.

Menikmati pemandangan Halong Bay dari sudut atas juga memberi pengalaman berbeda dibanding dari kapal. Konfigurasi pulau batu akan tampak lebih luas dan menyeluruh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.