Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Pesona Gunung Besek, Tak Kalah dengan Gunung Lain di Solo Raya

Kompas.com - 16/06/2019, 10:12 WIB
Nur Rohmi Aida,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Jika dibandingkan dengan beberapa gunung lain di wilayah Solo Raya, seperti Gunung Merbabu, Gunung Andong dan Gunung Lawu, ketinggian Gunung Besek mungkin memang tidak ada apa-apanya.

Namun setiap tempat selalu memiliki sisi-sisi menariknya masing-masing. Meski tingginya tak seberapa, Gunung Besek tetaplah mempesona.

Berikut, daya pikat Gunung Besek Wonogiri yang mungkin bisa kamu pertimbangkan untuk masuk list tempat yang akan Kamu kunjungi saat liburan nanti:

1. Memiliki Pemandangan Ala Sumba

Saat datang kemari pengunjung akan dibuat berdecak. Hamparan pegunungan sekitar Wonogiri dan kawasan Jawa Timur membentang sangat elok.

Lereng-lereng kawasan pegunungan tersebut membentuk lekukan-lekukan artistik yang jika dilihat dari sini seperti ditumbuhi rerumputan membentuk padang sabana.

Ketika musim kemarau, rerumputan itu nampak menguning, namun di beberapa bagian pepohonan hijau terlihat tumbuh. Paduan semua pemandangan tersebut membuat pengunjung laksana sedang berada di kawasan perbukitan Sumba.

2. Sangat Cocok untuk Melihat Ketinggian Tapi Malas Mendaki

Gunung Besek cocok dinikmati oleh mereka yang ingin melihat ketinggian tapi malas mendakiKOMPAS.com/NUR ROHMI AIDA Gunung Besek cocok dinikmati oleh mereka yang ingin melihat ketinggian tapi malas mendaki

Ketinggian Gunung Besek yang tak seberapa, justru menjadi daya lebih tersendiri. Menuju ke tempat ini pengunjung tidak perlu repot-repot mendaki. Sehingga cocok untuk Kamu yang ingin melihat ketinggian tapi malas repot.

Daerah sekitar Gunung Besek memang sudah berada di ketinggian. Menuju ke tempat ini, pengunjung bisa memacu motor sampai di rumah warga. Baru setelahnya pengunjung berjalan kaki.

Menariknya, untuk berjalan kaki dari lokasi parkir hingga ke tempat yang disebut Gunung Besek ini pengunjung tidak perlu mendaki. Hanya berjalan saja terus melewati belakang rumah warga.

Aktivitas memanjat hanya diperlukan saat ingin naik-naik ke atas bebatuan Gunung.

Meski begitu jangan dipandang remeh. Kehati-hatian mutlak diperlukan saat berada di tempat ini, karena tepian bebatuan di Gunung Besek merupakan jurang-jurang yang menganga.

3. Menuju Gunung Besek Laksana Melewati Hutan Twilight

Sebelum sampai di Gunung Besek, pengunjung diharuskan melewati kawasan Hutan Pinus Bugelan. Hutan pinus tersebut membentang sangat luas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com