“Hunting” Foto di Tempat Wisata, Simak 5 Tips Berikut

Kompas.com - 16/06/2019, 12:50 WIB
Seorang fotografer memotret menggunakan filter GND di Kebun Teh Kemuning, Karanganyar. Kompas.com/Anggara Wikan PrasetyaSeorang fotografer memotret menggunakan filter GND di Kebun Teh Kemuning, Karanganyar.

KOMPAS.com – Setiap orang yang berwisata mempunyai tujuan berbeda beda satu dan lainnya. Ada pengunjung yang betujuan untuk menikmati suasana, hingga berfoto di spot-spot yang Instagramable.

Hunting foto juga menjadi salah satu aktivitas yang bisa dilakukan saat berwisata. Aktivitas ini biasanya dilakukan oleh para fotografer, baik yang masih belajar atau yang sudah profesional.

Baca juga: 5 Kelakuan Menyebalkan Wisatawan, Apa Kamu Masih Melakukannya?

Jika kamu hendak belajar memotret saat berwisata, simak 5 tips berikut ini:

1. Ketahui informasi tempat wisata (lokasi, rute, HTM, dan jam buka)

Sebelum berangkat, kamu harus mengetahui dulu seluk beluk seputar obyek wisata yang akan kamu tuju. Informasi itu meliputi lokasi, rute, harga tiket masuk (HTM), sampai jam buka obyek wisata tujuan.

Salah satu spot foto favorit wisatawan di Pinus Pengger, Yogyakarta.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Salah satu spot foto favorit wisatawan di Pinus Pengger, Yogyakarta.

Hal itu berguna agar perjalanan hunting berjalan lancar dan efektif. Mulai dari lokasi dan rute, jika sudah tahu kamu bisa langsung menuju ke lokasi tujuan tanpa perlu mencari-cari di tengah jalan.

Baca juga: 4 Tips Berburu Indahnya Matahari Terbit di Gunung Ireng, Gunungkidul

Begitu pula dengan HTM dan jam buka. Mengetahuinya membuat kamu bisa mempersiapkan bujet dan memperkirakan waktu keberangkatan. Tentu kamu tidak ingin obyek wisata tujuan belum buka saat sudah sampai di sana.

2. Cari referensi di media sosial

Agar memiliki gambaran mengenai lokasi hunting, kamu perlu mencari referensi terlebih dahulu di media sosial. Saat ini, banyak hasil foto yang diunggah di berbagai media sosial seperi Instagram dan Facebook sehingga bisa dengan mudah kamu lihat.

Puncak Gunung Merapi yang terlihat begitu dekat di obyek wisata Kali Talang, Klaten, Jawa Tengah.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Puncak Gunung Merapi yang terlihat begitu dekat di obyek wisata Kali Talang, Klaten, Jawa Tengah.

Dengan melihat referensi-referensi foto, kamu bisa menentukan spot pertama mana yang akan kamu tuju. Biasanya foto-foto yang diunggah pengunjung lain sebelum kamu di sosial media ada di spot terbaik suatu obyek wisata.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X