Black Sapote, Buah Asal Meksiko yang Rasanya Mirip Puding Cokelat

Kompas.com - 17/06/2019, 16:12 WIB
Black sapote, buah asal Meksiko yang memiliki rasa mirip puding coklat. Dokumentasi Pribadi Petani Black Sapote, Eko SetyawanBlack sapote, buah asal Meksiko yang memiliki rasa mirip puding coklat.

KOMPAS.com - Belakangan ini nama buah black sapote atau sawo hitam semakin sering diperbincangkan di kalangan pencinta tanaman buah. Di media sosial Instagram misalnya, banyak pemilik akun yang mengunggah foto dan video seputar buah ini.

Di lihat dari luar, buah asal Meksiko ini tampak biasa saja. Memiliki kulit berwarna hijau, berukuran tak terlalu besar, dan bentuknya tak bulat sempurna. Namun ketika buah ini matang, rasanya sangat unik. Banyak yang menyebut black sapote memiliki rasa yang sangat mirip dengan puding cokelat.

Tak hanya rasanya, tekstur black sapote yang telah matang juga sangat mirip dengan puding coklat. Bagian daging buahnya berwarna coklat tua dan sedikit berair.

Sejak sekitar 4 tahun yang lalu, tanaman black sapote mulai dibudidayakan di beberapa wilayah di Indonesia. Salah satunya di Wonogiri, Jawa Tengah.

Eko Setyawan, warga Pakis Baru, Kismantoro, Wonogiri, Jawa Tengah ini merupakan salah satu petani yang membudidayakan balack sapote. Eko mengaku telah membudidayakan tanaman ini sejak tahun 2015.

Black sapote, buah asal Meksiko yang memiliki rasa mirip puding coklat.Dokumentasi Pribadi Petani Black Sapote, Eko Setyawan Black sapote, buah asal Meksiko yang memiliki rasa mirip puding coklat.
“ Awalnya itu dulu ada rekan kami dari Sleman namanya Pak Ardy yang membawa bibit buah ini (black sapote) dari Meksiko sana. Lalu disebarkan ke kami di wilayah Wonogiri. Ketika dicoba ditanam, ternyata bisa berbuah di sini,” ujar Eko ketika dihubungi KompasTravel.

Menurut Eko, di sekitar tempat tinggalnya ada sekitar 10 petani yang berjejaring dan bersama-sama mengembangkan bibit black sapote.

“Kalau kami baru sebatas menaman di pot. Karena dengan ditanam di pot black sapote akan lebih cepat berbuah. Selain itu untuk menanam black sapote di tanah juga perlu lahan yang luas. Kami masih terkendala lahan dan modal untuk itu,” kata dia.

Menurut Eko, menanam black sapote sebenarnya tergolong mudah. Asal nutrisi yang diberikan cukup, maka tanaman akan berbuah  dengan baik.

Karena belum dibudidayakan secara massal, maka saat ini keberadaan buah sapote masih sangat sulit ditemui di pasaran.

“Biasanya kami menjual bibit tanamannya. Tapi kalau pas ada buahnya ya kami akan jual. Tapi ya sangat terbatas dan harganya masih sangat tinggi,” tutur Eko.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X