9 Tips untuk Kamu Para Perempuan yang Mau Solo Traveling

Kompas.com - 18/06/2019, 20:05 WIB
Lakukan apa yang Anda suka sebagai waktu untuk menghibur diriShutterstock Lakukan apa yang Anda suka sebagai waktu untuk menghibur diri

KOMPAS.com – Mengalami kejadian kurang menyenangkan saat berwisata tentunya menjadi hal yang tidak ingin dialami siapapun. Utamanya kamu, kaum perempuan.

Meski sama-sama beresiko, tetapi traveler perempuan kerapkali lebih sering menjadi sasaran tindak kejahatan. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, berikut KompasTravel mencoba memberikan tips untuk kamu para perempuan yang mau solo traveling:

1. Cari informasi sebanyak-banyaknya

Sebelum memulai traveling, mencari informasi sebanyak-banyaknya seputar tempat yang dituju adalah suatu hal yang wajib.

Kamu bisa mencari tahu tentang seperti apa tempat yang kamu tuju, bagaimana akses transportasi di sana, maupun info-info lain yang nanti akan kamu butuhkan saat sampai di tujuan.

Hal ini penting, agar saat sedang traveling kamu tidak bingung. Ini untuk mencegah supaya kamu terhindar dari sasaran orang-orang jahat yang kerapkali mengincar orang yang sedang mengalami kebingungan di perjalanan.

2. Carilah teman perjalanan

Biarpun kamu solo traveling, tidak berarti perjalananmu harus selalu sendiri. Di tempat-tempat wisata, cobalah untuk mencari teman wisatawan lain.

Jika kamu tidak terlalu suka jalan beramai-ramai, kamu bisa mencari satu-dua orang sesama solo traveler untuk diajak jalan bersama. Namun, jika kamu gemar bertemu orang banyak, mencari teman rombongan lain bisa pula kamu coba.

Selain lebih aman, mencari teman perjalanan saat traveling juga bisa bermanfaat untuk meningkatkan lingkar pertemenanmu. Siapa tahu, diantara mereka ada yang bisa jadi teman bisnis kamu, atau mungkin malah jodoh kamu.

3. Pilih penginapan terpercaya

Saat sedang solo traveling, memilih penginapan terpercaya adalah hal yang penting untuk para traveler perempuan. Hal ini terkait keamanan, dan tentunya kenyamanan. Tidak dipungkiri kalau perempuan suka dengan kenyamanan.

Saat akan mencari penginapan, kamu bisa membandingkan harga penginapan, fasilitas penginapan serta yang terpenting adalah melihat ulasan dari para pengunjung yang sudah pernah menginap.

4. Hindari pulang malam

Ada baiknya kamu memperhatikan waktu saat berwisata. Usahakan untuk tidak pulang terlalu larut. Berjalan di  tempat-tempat yang belum dikenal saat malam hari, tentunya lebih beresiko untuk para perempuan.

5. Hindari jalan sepi

Sebisa mungkin hindari melewati jalanan yang sepi dan cenderung gelap. Maka dari itu mencari banyak-banyak informasi di awal perjalanan menjadi penting, supaya kamu bisa tahu kira-kira jalan mana saja yang sekiranya aman untuk dilewati.

6. Kenakan pakaian yang tepat

Saat solo traveling, ada baiknya kamu mengenakan pakaian tepat di tempat yang tepat. Usahakan untuk tidak menggunakan pakaian yang terlalu terbuka supaya lebih aman saat sedang jalan sendirian.

Halaman:
Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

Close Ads X