5 Camilan Renyah Khas Bekasi, Cocok Buat Oleh-Oleh

Kompas.com - 18/06/2019, 21:11 WIB
Landmark Kota Bekasi Landmark Kota Bekasi


BEKASI, KOMPAS.com - Siapa bilang Bekasi tidak memiliki kudapan khas yang menggugah selera?

Nyatanya, kabupaten dengan julukan Kota Patriot itu juga punya beberapa camilan khas bercitarasa renyah yang cocok disantap saat minum teh di teras rumah, atau sebagai suguhan rumahan ketika tamu datang.

Berikut ini KompasTravel menghimpun lima camilan enak dan renyah yang bisa Kamu temui di Bekasi, dapat dibawa pulang sebagai buah tangan atau oleh-oleh saat main ke Bekasi.

1. Kue Biji Ketapang

Kue biji ketapang merupakan kudapan legendaris khas Betawi-Bekasi. Bisanya, camilan ini dijual oleh pedagang pada saat momentum lebaran Idulfitri atau ketika perayaan acara menyambut hari besar Betawi. Namun, beberapa tempat produksi biji ketapang tetap menjualnya saat hari biasa.

Kue biji ketapang terbuat dari telur ayam, gula, vanili, tepung, margarin, parutan kelapa, dan minyak goreng. Rasanya renyah dan gurih, bisa bertahan sampai dengan tiga bulan. Ketika berkumpul bersama teman dan keluarga, jangan lupa sediakan camilan ini.

2. Kue Akar

Kembang Goyang dan Kue Akar, camilan khas Betawi yang perlu dilestarikan.KOMPAS.com/Desy Selviany Kembang Goyang dan Kue Akar, camilan khas Betawi yang perlu dilestarikan.

Kudapan satu ini juga kerap ditemui saat momentum Hari Raya Idulfitri. Tapi belakangan, kue berbahan dasar kelapa ini agak sulit dijumpai. Selain harus dibuat secara khusus, tempat olah pabrikan juga sukar untuk memproduksi.

Namun, beberapa tempat yang menjual oleh-oleh di Bekasi masih menjual kudapan bercita rasa renyah ini. Karena itu, selain menyantapnya, jangan lupa juga untuk melestarikan Kue Akar ini, ya.

3. Kue Kembang Goyang

Nama nyentrik 'kembang goyang' berasal dari bentuknya yang menyerupai kelopak bunga atau kembang. Proses pembuatannya digoyang-goyang sampai adonannya terlepas dari cetakan yang bermotif bunga, begitulah asal usul 'goyang'.

Kue kembang goyang memiliki cita rasa gurih dan renyah. Namun seiring perkembangan zaman, kudapan satu ini punya varian rasa berbeda seperti rasa jeruk, cokelat wijen, kajang gurih, bawang, bahkan daun jeruk.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X