Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asyiknya Naik Perahu Keliling Rowo Jombor di Klaten

Kompas.com - 21/06/2019, 10:05 WIB
Anggara Wikan Prasetya,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

KLATEN,KOMPAS.com – Kabupaten Klaten memang memiliki banyak potensi wisata yang terus berkembang dari waktu ke waktu. Mulai dari wisata budaya hingga wisata alam, semua tersaji di Klaten.

Selain memiliki banyak umbul atau pemandian alami, Kabupaten Klaten masih memiliki destinasi wisata air lainnya. Salah satu obyek wisata yang bisa dikunjungi adalah Rowo Jombor.

Baca juga: Meriahnya Kirab Gunungan Ketupat, Tradisi Syawalan Unik di Klaten

Namun, Rowo Jombor bukanlah semacam umbul atau pemandian alami. Rowo Jombor merupakan sebuah waduk yang memiliki luas sekitar 198 hektar. Obyek wisata ini berada di sebelah selatan dari pusat Kota Klaten.

Obyek wisata Rowo Jombor tepatnya berada di Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Dari Kota Klaten, jarak tempuhnya adalah sekitar 7,5 kilometer dengan waktu tempuh kurang-lebih 20 menit.

Pesona Rowo Jombor

Rowo Jombor dimanfaatkan warga setempat untuk keperluan pengairan sawah-sawah di sekitarnya. Selain itu, banyak pula masyarakat yang memanfaatkan waduk untuk budidaya ikan air tawar.

Tentu Rowo Jombor juga tidak lepas dari sektor wisata. Banyak resto apung di tepi Rowo Jombor untuk wisatawan yang ingin bersantap sembari menikmati suasana dan pemandangan alam.

Waduk Rowo Jombor di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Waduk Rowo Jombor di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Obyek wisata ini paling pas dikunjungi oleh mereka yang ingin menikmati suasana waduk atau memotret. Bentang alam yang tersaji di sini memang mendamaikan, khususnya saat pagi atau sore hari.

Tampak hamparan perbukiran di sisi selatan Rawa Jombor yang memanjang bagaikan tembok raksasa. Pegunungan itu merupakan bagian dari Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Jika cuaca cerah, Gunung Merapi di utara pun akan terlihat.

Naik Perahu Keliling Rowo Jombor

Wisatawan yang berkunjung ke Rowo Jombor juga bisa melakukan aktivitas menarik, yakni naik perahu. Masyarakat setempat telah menyediakan perahu-perahu wisata yang akan mengantar pengunjung mengelilingi waduk.

Perahu wisata pun cukup besar. Puluhan orang bisa diangkut oleh perahu itu sekali jalan. Pengunjung yang ingin keliling waduk naik perahu cukup membayar sebesar Rp 10.000 per orang saja.

Baca juga: Antusias Warga Berebut Gunungan Ketupat di Klaten

Meski harganya terjangkau, perahu wisata di Rawa Jombor aman untuk dikendarai. Guncangan saat naik perahu sangat tidak terasa.

Penumpang pun bisa berjalan-jalan jika ingin berfoto. Bahkan, anak-anak tetap bisa berjalan dengan baik saat perahu berjalan.

Naik Perahu Wisata di Waduk Rowo Jombor, Klaten.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Naik Perahu Wisata di Waduk Rowo Jombor, Klaten.

Perahu akan melaju sekitar 10 menit. Pengunjung akan dimanjakan dengan suasana danau yang mendamaikan plus semilir anginnya. Pemandangan saat cuaca cerah juga begitu indah. Kombinasi warna air, awan, hijau pegunungan, dan biru langit amatlah serasi.

Selain untuk keliling waduk, pengunjung juga bisa memesan perahu untuk mengadakan acara di tengah waduk. Bahkan mereka bisa menggelar acara seperti reuni atau rapat di atas perahu, lengkap dengan sound system.

Baca juga: Menyapa Gagahnya Puncak Gunung Merapi di Kali Talang, Klaten

Perahu wisata akan terus beroperasi setiap harinya, termasuk ketika hujan. Namun saat angin kencang, perahu wisata tidak beroperasi demi keselamatan. Harga Rp 10.000 hanya berlaku jika jumlah penumpang lebih dari 10 orang. Jika kurang, maka harga akan menyesuaikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com