Di Negara Asalnya, Black Sapote Diolah Jadi Jus hingga Es Krim

Kompas.com - 21/06/2019, 11:02 WIB
Black sapote, buah asal Meksiko yang memiliki rasa mirip puding coklat. Dokumen stuff.co.nz.Black sapote, buah asal Meksiko yang memiliki rasa mirip puding coklat.

JAKARTA, KOMPAS.com – Saat ini keberadaan buah black sapote atau sawo hitam di Indonesia masih tergolong langka. Belum banyak petani yang membudadayakannya sehingga harga buah yang memiliki rasa mirip puding cokelat ini mencapai Rp 300.000 per kilogramnya.

Sejak sekitar 4 tahun yang lalu, tanaman black sapote mulai dibudidayakan di beberapa wilayah di Indonesia, salah satunya di Wonogiri, Jawa Tengah.

Di Indonesia, buah asal Meksiko ini biasanya dikonsumsi secara langsung tanpa mengolahnya terlebih dahulu. Namun ternyata di negara asalnya, selain dinikmati secara langsung, black sapote juga biasa diolah menjadi macam kudapan.

Baca juga: Masih Langka, Harga Black Sapote Rp 150.000 Per Buah

Dilansir dari situs stuff.co.nz, black sapote umumnya ditemukan di pedalaman dataran rendah Meksiko, Republik Dominika dan Kuba.

Black sapote, buah asal Meksiko yang memiliki rasa mirip puding coklat.Dokumentasi styff.co.nz Black sapote, buah asal Meksiko yang memiliki rasa mirip puding coklat.

“Secara tradisional, buah ini digunakan sebagai hidangan penutup dengan cara menghilangkan bijinya kemudian dicampur dengan jeruk kemudian diblender dan dibuat menjadi jus. Setelah itu, krim vanila ditambahkan,” isi informasi dalam situs tersebut.

Black sapote juga biasanya diolah menjadi es krim dan digunakan sebagai pengganti cokelat dalam pembuatan milkishake.

Yang lebih unik, black sapote yang belum matang biasanya digunakan para nelayan sebagai racun ikan. Cara ini juga digunakan oleh nelayan di Filipina.

Tak hanya lezat, black sapote juga sangat bergizi. Di dalamnya terkandung vitamin C yang jumlahnya empat kali lebih tinggi dari jeruk. Tak hanya itu, black sapote juga dikenal sangat rendah lemak.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X