Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Negara Asalnya, Black Sapote Diolah Jadi Jus hingga Es Krim

Kompas.com - 21/06/2019, 11:02 WIB
Sherly Puspita,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Saat ini keberadaan buah black sapote atau sawo hitam di Indonesia masih tergolong langka. Belum banyak petani yang membudadayakannya sehingga harga buah yang memiliki rasa mirip puding cokelat ini mencapai Rp 300.000 per kilogramnya.

Sejak sekitar 4 tahun yang lalu, tanaman black sapote mulai dibudidayakan di beberapa wilayah di Indonesia, salah satunya di Wonogiri, Jawa Tengah.

Di Indonesia, buah asal Meksiko ini biasanya dikonsumsi secara langsung tanpa mengolahnya terlebih dahulu. Namun ternyata di negara asalnya, selain dinikmati secara langsung, black sapote juga biasa diolah menjadi macam kudapan.

Baca juga: Masih Langka, Harga Black Sapote Rp 150.000 Per Buah

Dilansir dari situs stuff.co.nz, black sapote umumnya ditemukan di pedalaman dataran rendah Meksiko, Republik Dominika dan Kuba.

Black sapote, buah asal Meksiko yang memiliki rasa mirip puding coklat.Dokumentasi styff.co.nz Black sapote, buah asal Meksiko yang memiliki rasa mirip puding coklat.

“Secara tradisional, buah ini digunakan sebagai hidangan penutup dengan cara menghilangkan bijinya kemudian dicampur dengan jeruk kemudian diblender dan dibuat menjadi jus. Setelah itu, krim vanila ditambahkan,” isi informasi dalam situs tersebut.

Black sapote juga biasanya diolah menjadi es krim dan digunakan sebagai pengganti cokelat dalam pembuatan milkishake.

Yang lebih unik, black sapote yang belum matang biasanya digunakan para nelayan sebagai racun ikan. Cara ini juga digunakan oleh nelayan di Filipina.

Tak hanya lezat, black sapote juga sangat bergizi. Di dalamnya terkandung vitamin C yang jumlahnya empat kali lebih tinggi dari jeruk. Tak hanya itu, black sapote juga dikenal sangat rendah lemak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com