Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lento hingga Mie Ketoprak, Makanan Khas Jawa Tengah yang Digemari Jokowi

Kompas.com - 21/06/2019, 14:30 WIB
Sherly Puspita,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo alias Jokowi tengah merayakan ulang tahunnya yang ke -58. Di hari spesial Jokowi, menarik rasanya jika kita membahas mengenai makanan kegemaran pria yang berasal dari Solo, Jawa Tengah ini.

Juru masak kepresidenan RI, Tri Supriharjo pernah mengungkap berbagai makanan dan minuman yang digemari Jokowi melalui video yang diunggah di channel pribadi Jokowi pada tanggal 21 Mei 2017.

Di video yang diberi judul “Cerita dari Dapur Presiden” tersebut, Tri menyebutkan lento dan Mie Ketoprak sebagai makanan-makanan yang disukai Jokowi.

“Lento itu dari ketela, kita parut, kasih kelapa lalu digoreng,” sebut Tri dalam video tersebut.

Baca juga: Makanan Favorit Jokowi, Ada Banyak...

Lento merupakan salah satu jenis camilan khas Jawa Tengah yang paling sering ditemui di daerah Solo, Klaten, Sukoharjo, dan sekitarnya. Jajanan pasar ini tentu sangat jarang ditemui di Jakarta.

“Kemudian mie ketoprak, itu seperti, kalau di sini seperti soto mie. Tapi lain, taste-nya (rasanya) lain,” lanjut Tri.

Mie ketoprak atau juga kerap disebut mie kopyok juga merupakan salah satu makanan khas Jawa Tengah yang biasa dijajakan di warung-warung pinggir jalan di daerah Solo dan sekitarnya. Mie ketoprak disajikan dengan kuah bening dan biasa disantap bersama sambal soto dan karak beras. 

Soto kuning Pak Yusuf, salah satu soto yang paling dicari di kota Hujan. Kuah santannya yang kental dengan rampah, menjadi idaman para pelanggannya.KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Soto kuning Pak Yusuf, salah satu soto yang paling dicari di kota Hujan. Kuah santannya yang kental dengan rampah, menjadi idaman para pelanggannya.

Selain mie ketoprak, Jokowi ternyata juga menjukai berbagai jenis makanan rumahan seperti sop ayam, sayur bening bayam, tumis  pepaya muda, dan oseng-oseng tempe.

“Terus soto kuning. Sekarang kan di Bogor, soto kuning. Hampir setiap hari soto kuning.  Terus tempe tahu bacem. Teri, teri digoreng aja itu, teri yang medan itu. Nasi itu gak di meja Bapak itu, nasi itu di konter sendiri, jalan kaki ambil. Yang penting nasi itu panas,” papar pria asal palur ini.

Baca juga: Mengenal Tugu Soekarno, Obyek Wisata yang Dikunjungi Jokowi di Palangkaraya

Kemudian selain lento, Jokowi juga menyukai berbagai makanan jajan pasar sebagai camilan sehari-harinya seperti singkong goreng, jagung rebus, bakwan jagung, dan bakwan sayur.

“Kalau jusnya di sini ganti-ganti tiap hari. Kalau pagi melon, sore nanti apel atau yang lainnya. Malah saat ini bapak itu sering jus kedondong. Yang paling baku bapak itu kalau pagi itu jamu, teh pait. Jamunya bapak terdiri dari temulawak, jahe, lantas kunyit,” papar Tri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com